Salin Artikel

Bolos Sekolah untuk Antar 13 Paket Ganja ke Jakarta, Seorang Pelajar Ditangkap di Pelabuhan Bakauheni

Namun upaya penyelundupan tersebut terendus anggota Satnarkoba Polres Lampung Selatan yang langsung meringkus pelaku di Pelabuhan Bakauheni.

Kepala Satnarkoba Polres Lampung Selatan AKP Andi Gustami membenarkan adanya pengungkapan upaya penyelundupan ganja tersebut.

Menurut Andri, pelaku berinisial IS (17) ditangkap saat berjalan di terminal reguler Pelabuhan Bakauheni untuk naik ke kapal menuju Pelabuhan Merak, Banten pada Sabtu (18/2/2023) sekitar pukul 21.30 WIB.

"Pelaku terciduk membawa dua kardus berisikan narkoba jenis ganja," kata Andri saat dihubungi, Jumat (24/2/2023).

Andri mengatakan pelaku IS ini masih berstatus sebagai pelajar di Padang Lawas, Sumatera Barat.

Dia juga membenarkan, dari hasil pemeriksaan sementara pelaku mengaku membolos sekolah untuk bisa mengantarkan paket ganja itu ke Jakarta dengan diiming-imingi uang.

"Iya (bolos), pelaku masih sekolah di wilayah Sumatera Barat," kata Andri.

Pelaku IS juga mengaku paket ganja kering itu dibawa dari Medan, Sumatera Utara. Dia lalu naik bus dengan tujuan Lampung.

"Pelaku ini ternyata dipantau dan diarahkan oleh seseorang. Dia (pelaku) bertugas sebagai kurir. Kita sudah ketahui identitasnya dan saat ini masih pengejaran," kata Andri.

Dari penangkapan tersebut, aparat kepolisian menemukan 13 paket ganja kering yang dibawa pelaku dalam dua kardus ukuran besar.

"Pelaku hendak menyeberang ke Pulau Jawa dengan tiket penumpang pejalan kaki," kata Andri.

Andri menambahkan, pelaku masih ditahan di Mapolres Lampung Selatan dan dikenakan Pasal 111 dan 114 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/24/141936278/bolos-sekolah-untuk-antar-13-paket-ganja-ke-jakarta-seorang-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke