Salin Artikel

Pegiat Lingkungan Laporkan Kerusakan Terumbu Karang di Karimunjawa ke Polda Jateng

JEPARA, KOMPAS.com - Kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) sepanjang 80 meter diduga telah merusak keberadaan terumbu karang di kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kapal "Serasi IX" ukuran 790 gross tonnage (GT) yang berlayar dari arah Kalimantan menuju Jakarta itu dilaporkan nelayan menabrak terumbu karang di perairan Dusun Legon Cikmas, Desa Karimunjawa di titik koordinat Gosong Seloka pada 9 Februari. 

Aktivis Lingkungan Karimunjawa Bambang Zakaria menyampaikan lokasi kerusakan terumbu karang di zona tradisional perikanan ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa (TNKJ).

Kru kapal Serasi IX beralasan saat itu terpaksa singgah di sana  lantaran faktor cuaca ekstrem.

Hasil pengukuran melalui snorkeling, kerusakan terumbu karang panjang total 27,7 meter, lebar 9,30 meter, lebar 3,40 meter, lebar 2,70 meter, dan 2 meter.

"Jadi berkomunikasi dengan pemandu lokal untuk dipandu masuk ke perairan Karimunjawa. Panduan yang ngawur ini akhirnya terumbu karang di kedalaman 1 meter lebih tertabrak bodi kapal Serasi IX," kata Zakaria saat dihubungi melalui ponsel, Kamis (16/2/2023).

Menyoal kerusakan terumbu karang di perairan Gosong Seloka ini, para pegiat lingkungan Karimunjawa telah melaporkan kasus ini ke Polda Jateng.

"Sudah kami laporkan Krimsus Polda Jateng soal kerusakan terumbu karang. Semoga terselesaikan dengan baik," kata Zakaria.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy membenarkan perihal pelaporan dugaan kerusakan terumbu karang di Karimunjawa. Saat ini, kata dia, masih didalami Ditreskrimsus Polda Jateng.

"Laporan tentang dugaan pengrusakan terumbu karang di Karimun Jawa sudah diterima Ditreskrimsus Polda Jateng. Saat ini kasus masih didalami oleh Subdit IV / Tipidter dan dikoordinasikan penanganannya dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," terang Iqbal.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/16/192129678/pegiat-lingkungan-laporkan-kerusakan-terumbu-karang-di-karimunjawa-ke-polda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke