Salin Artikel

2 Hari Hilang di Laut, Seorang Nelayan Asal Maluku Tengah Ditemukan Selamat

Korban bernama Hendra Renata (45) sebelumnya berlayar dengan perahu bersama temannya, La Ego (45), untuk menyalakan lampu di rumpon di sekitar Perairan Pulau Pisang, Kepulauan Banda, Jumat (10/2/2023).

Namun di tengah perjalanan, mesin perahu mengalami gangguan hingga akhirnya hanyut.

Kepala Kantor Basarnas Ambon Mustari mengatakan, rekan korban La Ego ditemukan selamat di atas rumpon.

“Teman korban La Ego ditemukan selamat di atas rumpon pada hari yang sama, sedangkan Hendra hanyut dengan perahu,” kata Mustrai kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Warga desa dan Tim SAR gabungan yang mengetahui kejadian itu bergegas mencari Hendra ke lokasi tempat korban dinyatakan hilang. Namun, korban tak ditemukan hingga keesokan harinya.

Awak kapal langsung berusaha menolong korban dan mengevakuasinya dari laut.

“Jadi kapal tanker pengangkut BBM ini sedang berlayar dari Kota Tual menuju Terminal BBM Wayame Kota Ambon namun saat melintas di Laut Banda mereka menemukan korban dan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan selamat,” ungkapnya.

Setelah menolong korban, kapal tanker itu sempat menghentikan pelayaran dan menyerahkan korban kepada tim SAR.

“Pada pukul 17.01 WIT, kapal MT Alice XXV berhasil tiba di timur perairan laut Banda dan menghentikan sementara perjalanan serta menunggu tim tiba guna proses penyerahan korban. Kemudian korban dievakuasi tim SAR gabungan dan dibawa menuju kediaman korban di desa Kampung Baru untuk diserahkan ke pihak keluarga,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/14/141133478/2-hari-hilang-di-laut-seorang-nelayan-asal-maluku-tengah-ditemukan-selamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke