Salin Artikel

Sudah Setahun Jembatan Gantung di Desa Gontar Putus, Ini Kata Kadis PUPR Sumbawa

Padahal, jembatan gantung itu putus akibat banjir bandang yang melanda desa tersebut pada Februari 2022.

Jembatan gantung itu sangat dibutuhkan masyarakat setempat. Kini, sejumlah warga dan anak-anak harus menyeberangi sungai beraliran deras setiap hari.

Situasi ini memprihatinkan karena anak-anak Dusun Stowe Brang harus menyeberangi sungai ke Dusun Gontar 1 dan Dusun Gontar 2 demi bersekolah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sumbawa Dian Sidharta mengatakan, pihaknya siap berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mencari solusi masalah itu.

"Kita bisa memikirkan solusi terbaik dengan cepat untuk kepentingan masyarakat," kata Dian yang ditemui Jumat (3/2/2023).

Dian menyebutkan, dibutuhkan peran semua pihak untuk membangun jembatan itu. Apalagi, anggaran pemerintah masih terbatas, sehingga strategi darurat harus diutamakan.

"Ini bukan tentang tupoksi (tugas pokok dan fungsi), tetapi bagaimana kita bergerak bersama mencari solusi," sebut Dian

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sumbawa, M Nurhidayat mengatakan, pihaknya telah memberikan proposal kepada Balai Wilayah Sungai dan lainnya untuk pembangunan jembatan.

Hal itu dilakukan berdasarkan asesmen kerusakan jembatan akibat banjir bandang 2022. Namun, belum ada realisasi terkait proposal itu hingga saat ini.

"Kami sudah ajukan proposal kepada sejumlah dinas terkait, tetapi belum ada jawaban," kata M Nurhidayat yang dikonfirmasi, Jumat (3/2/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/184730978/sudah-setahun-jembatan-gantung-di-desa-gontar-putus-ini-kata-kadis-pupr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke