Salin Artikel

Banjir Bandang Landa Kabupaten Dompu, 1.257 Kepala Keluarga Terdampak

Ribuan keluarga terdampak banjir itu tersebar di tiga desa dan enam kelurahan di Kecamatan Dompu dan Woja.

Kepala Pelaksana BPBD Dompu Tajuddin Hir membeberkan data warga terdampak di Kecamatan Dompu. Di antaranya, 10 KK di Desa Kareke, 55 KK di Kelurahan Potu, 90 KK di Kelurahan Bada, 77 KK di Kelurahan Bali I, dan 80 KK di Kelurahan Karijawa.

Sementara di Kecamatan Woja, 493 KK terdampak banjir bandang di Kelurahan Kandai II, 130 KK di Desa Wawonduru, 187 KK di Kelurahan Simpasai, dan 35 KK di Desa Bakajaya.

"Laporan itu sesuai hasil pendataan anggota kita di lapangan," kata Kepala Pelaksana BPBD Dompu, Tajuddin Hir saat dikonfirmasi, Kamis malam.

Tajuddin mengungkapkan, tim reaksi cepat yang dikerahkan juga melakukan upaya tanggap darurat dengan memberikan bantuan berupa nasi bungkus dan makanan siap saji.

Menurut dia, luapan air dari empat daerah aliran sungai yang menjadi penyebab banjir itu sudah mulai surut. Sejumlah warga sudah mulai membersihkan material lumpur di rumah masing-masing.

"Malam ini korban tidur di rumah masing-masing karena air sudah surut, lumpur juga sudah dibersihkan oleh pemilik rumah dibantu warga serta keluarga yang tinggal diwilayah yang tidak terdampar banjir," jelasnya.

Tajuddin meminta warga yang tinggal di bantaran sungai tetap waspada. Apalagi, curah hujan yang tinggi berisiko mengakibatkan banjir hingga longsor.

"Bagi pengendara juga tetap berhati-hati terhadap pohon tumbang saat melintas di jalan," kata Tajuddin Hir.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/02/213636178/banjir-bandang-landa-kabupaten-dompu-1257-kepala-keluarga-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke