Salin Artikel

Biak Numfor Papua Zero Kasus Campak Rubella Anak Sepanjang 2022

BIAK, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Papua, memastikan, tidak ada temuan kasus campak rubella pada anak di daerah itu alias zero kasus selama 2022.

"Hingga saat ini status Biak Numfor tetap zero atau tidak ada kasus campak sehingga orangtua rajin membawa anak ke Posyandu dan faskes pemerintah untuk mendapatkan vaksin anak," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Ruslan Epid, seperti dikutip Antara, Kamis (26/1/2023).

Ruslan berharap, masyarakat aktif membawa anaknya mengikuti imunisasi di pelayanan kesehatan, termasuk vaksin polio. Hal ini untuk memberikan jaminan kesehatan pada anak.

Ruslan memastikan layanan vaksinasi campak, rubella dan polio selalu tersedian di tempat layanan kesehatan milik pemerintah.

Ruslan menyebut, capaian vaksin rubella pada anak di Kabupaten Biak Numfor sebesar 108,64 persen dari target 23.000 anak dan menjadi yang tertinggi di Provinsi Papua.

"Capaian vaksin rubella untuk anak di Kabupaten Biak Numfor tertinggi di Provinsi Papua sebanyak 108,64 persen dari target 23 ribu anak," ujar Ruslan.

Dikutip dari Kompas.com, secara nasional, terdapat 3.341 kasus konfirmasi campak di 223 kabupaten kota di 31 provinsi di Indonesia sepanjang 2022. Dari jumlah tersebut, terdapat 55 status Kejadian Luar Biasa (KLB) di 34 kabupaten kota di 12 provinsi.

Sumber: Antara

https://regional.kompas.com/read/2023/01/27/072350378/biak-numfor-papua-zero-kasus-campak-rubella-anak-sepanjang-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke