Salin Artikel

5 Babi di Sikka Positif ASF, Bupati: Awasi Aktivitas Masuk dan Keluar Babi

SIKKA, KOMPAS.com - Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo menanggapi banyaknya laporan kematian ternak babi selama sebulan terakhir.

Berdasarkan data di Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, 16 babi di wilayah itu mati mendadak, lima di antaranya positif terjangkit virus flu babi afrika atau african swine fever (ASF).

Robi Idong, sapaan Fransiskus Roberto Diogo, meminta semua pihak segera melakukan langkah pencegahan dini sehingga kematian babi massal tidak terulang.

"Kematian babi massal yang terjadi di tahun sebelum telah berdampak terhadap produksi dan konsumsi daging serta pendapatan para peternak," ujar Robi Idong dalam keterangannya, Rabu (25/1/2023).

Robi Idong mengaku telah memerintahkan kepala desa dan lurah untuk mendata populasi ternak babi di masing-masing wilayah dan diserahkan ke Dinas Pertanian Kabupaten Sikka paling lambat tanggal 15 Februari 2023.

Selain itu, mereka diimbau untuk melaporkan ke dinas terkait apabila menemukan atau mengetahui informasi adanya babi yang sakit ataupun mati.

"Kades dan lurah juga harus mengawasi aktivitas masuk keluar hewan dan produk hewan, khususnya babi ke wilayah masing-masing. Melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan hewan bersama Babinkamtibmas dan Babinsa di wilayah masing-masing," katanya.

Ia melanjutkan, pemotongan ternak babi wajib diawasi oleh petugas kesehatan hewan.

Ia juga meminta pemerintah desa dan lurah untuk memberikan imbauan secara masif tentang penerapan biosecurity atau perlindungan ternak.

Seperti mencuci kaki dan tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengurus ternak, menjaga kebersihan ternak dan lingkungan dari vektor nyamuk, lalat, dan kutu, kandang dan peralatan kandang dibersihkan secara rutin dengan detergen atau desinfektan lainnya.

"Ada banyak cara untuk meningkatkan biosecurity terhadap ternak. Karena itu perlu sosialisasi secara masif kepada masyarakat dan peternak," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/25/074351478/5-babi-di-sikka-positif-asf-bupati-awasi-aktivitas-masuk-dan-keluar-babi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke