Salin Artikel

Gubernur Kaltim Sebut Pembangunan IKN dalam Proses Tender

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, hingga saat ini proses pembangunan terus dilakukan. Hal tersebut diungkapkan Isran di Hotel Novotel Balikpapan saat kegiatan Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada Senin (23/1/2023).

"Tepat di Hotel Novotel Balikpapan ini saya menyaksikan langsung pengumuman penandatanganan tender dan lelang. Ada beberapa infrastruktur yang akan dibangun di lokasi IKN, di Sepaku Penajam Paser Utara," katanya.

Isran yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini mengatakan, pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan, seperti istana dan kantor presiden dan wapres, beberapa Kantor Kemenko RI, termasuk pembangunan Kantor Mahkamah Agung, konstitusi serta gedung parlemen.

"Jadi segera dilakukan lelang untuk pembangunan infrastruktur IKN," tuturnya.

Untuk mendukung kawasan itu, telah dibangun jalan tol. Kanal route bawah laut Teluk Balikpapan sudah proses. Bahkan, saat ini persiapan kerja sama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), investor swasta, BUMN dan asing sedang dibahas ditingkat kementerian terkait.

Menurut Gubernur Isran, IKN ini adalah urusan khusus. Sehingga jangan diberlakukan proses pembangunannya dengan aturan umum.

"Jika dilakukan proses aturan berlaku umum, pembangunan itu pasti lambat terwujud. Asalkan jangan sengaja disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau dikorupsi. Insya Allah bisa berjalan sukses," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/121820478/gubernur-kaltim-sebut-pembangunan-ikn-dalam-proses-tender

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke