Salin Artikel

Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Pulau Komodo Labuan Bajo, 8 Orang Luka Serius

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kapal Tiana Tiana Live board GT 61 tenggelam di perairan Batu Tiga Toro Kuning Pulau Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (21/1/2023).

Kapal wisata tesebut mengangkut 17 orang, dengan rincian 8 warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) 9 termasuk kru kapal.

Kasat Polairud Polres Manggarai Barat, Iptu I Wayan Merta mengatakan, sekitar pukul 16.45 Wita, tim gabungan tiba di lokasi kejadian.

"Pada pukul 16.45 Wita, tim gabungan tiba di lokasi kejadian dan selanjutnya melakukan evakuasi terhadap 8 orang korban yang mengalami luka serius," kata Wayan, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/1/2023).

Ia mengungkapkan, pada pukul 17.05, tim gabungan bergeser dari lokasi kejadian menuju pelabuhan Marina Labuan bajo.

Pada pukul 17.45, tim gabungan tiba di pelabuhan Marina dan langsung mengevakuasi korban untuk dibawa ke Rumah Sakit Siloam Labuan bajo.

Setelah mengevakuasi 8 orang tersebut, lanjut dia, tim gabungan langsung kembali ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban yang lain.

"Pada pukul 19.42 Wita, 8 orang korban tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo dan langsung dijemput oleh agen dan selanjutnya diantar ke penginapan," ungkap dia.


Kronologis

Ia mengungkapkan, kejadian bermula saat KM Tiana Live Board pada hari pertama Jumat tanggal 20 Januari 2023, menuju Pulau Kelor, Pulau Kambing dan berlabuh di perairan Pulau Kambing.

Pada pukul 00.00 Wita, dari Pulau Kambing menuju pulau Padar dan bermalam di situ.

Pada Sabtu (21/2023) pukul 13.45 Wita, dari Pulau Komodo menuju Taka Makassar.

Saat di perairan Batu Tiga dan Toroh Kuning, tiba-tiba muncul angin kencang dan menyebabkan kapal miring, sehingga tenggelam.

Kepala Syahbandar Labuan Bajo, Hasan Sadili, mengatakan, pihaknya menangani terkait kejadian itu.

"Nanti kami proses mas, yang penting semuanya selamat," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/22/123322978/kapal-wisata-tenggelam-di-perairan-pulau-komodo-labuan-bajo-8-orang-luka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke