Salin Artikel

Ikan Bilih di Danau Singkarak Terancam Punah, DKP Sumbar Ultimatum Penggunaan Bagan Apung

PADANG, KOMPAS.com - Sebagai langkah antisipasi punahnya ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) di Danau Singkarak, Sumatera Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar melarang penangkapan ikan menggunakan bagan apung terhitung Februari 2023.

Bagi masyarakat yang membandel, DKP Sumbar akan memberikan sanksi tegas dengan mengamankan bagan apung.

"Batas waktunya Februari 2023. Tidak ada lagi penggunaan bagan apung dengan jaring ukuran kecil untuk menangkap ikan bilih di Danau Singkarak," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti, kepada wartawan di Padang, Jumat (20/1/2023). 

Desniarti mengatakan, sosialisasi sudah dilakukan sejak 2022 hingga sekarang ke warga di sekitar Danau Singkarak. Untuk itu, tidak ada lagi alasan warga untuk tidak mematuhinya.

Menurut Desniarti, polemik penggunaan bagan apung itu sudah cukup lama terjadi sejak 2022.

Pemerintah Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar beberapa kali mencoba menertibkan, namun gagal karena masyarakat tidak mematuhinya.

Pemerintah Provinsi Sumbar ikut terlibat dalam polemik tersebut, karena Danau Singkarak menjadi salah satu danau prioritas berdasarkan Perpres No 60 Tahun 2021.

"Kami sudah turun bersama Pemkab Solok dan Tanah Datar, bertemu dengan masyarakat. Kesepakatan waktu penggunaan bagan apung hingga Februari 2023 menjadi batas terakhir. Lewat dari itu kami angkat," kata Desniarti.

Desniarti mengatakan, penangkapan ikan bilih yang merupakan endemik Danau Singkarak menggunakan bagan membuat populasinya menjadi berkurang signifikan.

"Bagan apung itu menggunakan jaring ukuran kecil, sehingga semua ikan baik besar maupun kecil terjaring dan ekosistemnya terganggu," jelas Desniarti.

Desniarti menyebut ikan bilih merupakan endemik Danau Singkarak yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

"Kalau ikan ini punah, akan sangat merugikan tidak saja bagi kekayaan hayati Sumbar, juga merugikan ribuan masyarakat sekitar yang menggantungkan perekonomian dari ikan khas tersebut," jelas Desniarti.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/20/233749578/ikan-bilih-di-danau-singkarak-terancam-punah-dkp-sumbar-ultimatum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke