Salin Artikel

Tak ada Fasilitas MCK di Tempat Pengungsian, Korban Gempa di Desa Watuwey Maluku Barat Daya Kesulitan Buang Hajat

Warga mulai mengungsi ke lokasi pegunungan setelah perkampungan mereka porak-poranda diguncang gempa pada Selasa (10/1/2023) lalu.

Warga mengungsi di lokasi pegunungan itu dalam kondisi sangat memprihatinkan, pasalnya di lokasi tersebut tidak ada fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang tersedia. Akibatnya para pengungsi kesulitan buang hajat. Mereka terpaksa membuang hajat sembarangan di lokasi pengungsian.

“Kalau di atas tidak ada MCK jadi biasa masyarakat turun ke bawah atau biasa buang hajat di atas,” kata pimpinan Jemaat Gereja di desa Watuwey pdt Maria Afia Rahayaan kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Kamis sore (19/1/2023).

Adapun jarak lokasi pengungsian dengan desa tersebut berjarak sekitar 3 km.

Maria mengakui sejauh ini pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya telah menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada para pengungsi korban gempa di desa tersebut.

Bantuan tanggap darurat yang diterima warga berupa sembako, selimut, terpal dan juga kebutuhan lainnya. Sayangnya pemerintah tidak membangun fasilitas MCK untuk warga di lokasi pengungsian.

“Karena memang tekstur kita di sini itu bebatuan karena daerah pegunungan, jadi kalau mau membuat MCK dalam waktu tanggap darurat yang sempit ini agak susah karena daerah bebatuan,” katanya.

Saat disinggung soal posko kesehatan, Maria mengaku telah disiapkan oleh pemerintah. Namun posko tersebut tidak ditempatkan di lokasi pegunungan akan tetapi di perkampungan tepatnya di balai desa.

“Kalau posko kesehatan ada dibangun di sini tapi di kampung di balai desa. Ada juga dokter dari puskesmas yang selalu naik ke lokasi pengungsian untuk cek kondisi pengungsi,” katanya.

Untuk diketahui desa Watuwey menjadi salah satu desa terparah yang terdampak gempa M 7,5 di Maluku Barat Daya. Tercatat ada lebih dari 70 rumah warga di desa itu yang mengalami kerusakan baik ringan, sedang maupun berat.

Selain rumah warga yang rusak, gempa yang mengguncang desa itu juga menyebabkan seorang warga di desa itu mengalami luka berat akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Gempa berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang Talaud, Sulawesi Utara pada Pukul 13.06 WIB.

Gempa tersebut berpada pada titik koordinat 2,80 lintang selatan dan 127,03bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 Km arah Selatan Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 71 km.

Meski berkekuatan 7,1 magnitudo namun BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami terkiat gempa tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/19/172929578/tak-ada-fasilitas-mck-di-tempat-pengungsian-korban-gempa-di-desa-watuwey

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke