Salin Artikel

689 Rumah Rusak akibat Gempa M 7,5 di Maluku, Paling Banyak di Kepulauan Tanimbar

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com, sebanyak 689 rumah rusak di dua kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Maluku Shandy Luhulima mengatakan, jumlah rumah warga yang rusak akibat gempa terus bertambah seiring pendataan yang dilakukan petugas di lapangan.

“Data terbaru sampai saat ini jumlah rumah warga yang rusak di Tanimbar dan Maluku Barat Daya berjumlah 689 unit,” kata Shandy kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Shandy memerinci, kerusakan paling banyak tercatat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yakni 523 rumah.

“Rumah rusak di Tanimbar itu sebanyak 523 unit dengan rincian 174 rusak ringan, 300 rusak sedang dan 49 rusak berat,” katanya.

Sebanyak 166 rumah di Kabupaten Maluku Barat Daya juga rusak. Rinciannya, 113 rumah rusak ringan, 29 rusak sedang, dan 24 rusak berat.

“Ini masih data sementara karena seluruh data dari Maluku Barat Daya itu belum masuk semua, pendataan masih terus dilakukan petugas di lapangan, kalau data dari Tanimbar itu sudah clear,” katanya.

Shandy mengakui pendataan dampak kerusakan rumah warga di dua wilayah itu membutuhkan waktu cukup lama karena kondisi geografis kedua wilayah sulit dijangkau.

“Pendataan agak lama karena di sana kan pulau-pulau, jadi soal rentan kendali. Selain itu sinyal juga sangat buruk dan cuaca yang tidak baik saat ini,” katanya.

Ia mengaku khusus untuk data jumlah kerusakan rumah warga di Maluku Barat Daya akan rampung tiga hari lagi.

“Untuk data MBD itu petugas masih berada di lapangan saya dapat laporan nanti tiga hari lagi baru petugasnya kembali,” katanya.

Sebelumnya, gempa magnitudo 7,5 mengguncang Maluku, Selasa (10/1/2023) dini hari. BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami, tetapi beberapa saat kemudian peringatan tersebut diakhiri.

Gempa berpusat di laut Banda pada titik kordinat 7,37 Lintang Selatan dan 130,23 Bujur Timur atau berjarak 136 km arah barat laut Maluku Tenggara Barat pada kedalaman 130 km di bawah permukaan laut.

Adapun gempa tersebut sangat kuat dirasakan warga di Kepulauan Tanimbar dan sejumlah daerah lainnya di Maluku, NTT, hingga Papua.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/18/092830878/689-rumah-rusak-akibat-gempa-m-75-di-maluku-paling-banyak-di-kepulauan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke