Salin Artikel

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Dataran Tinggi Dieng Diguncang Gempa

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,14 LS; 109,74 BT tepatnya di darat pada jarak 21 kilometer arah tenggara Kabupaten Pekalongan.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Hery Susanto Wibowo mengatakan, gempa tersebut diikuti dua rentetan gempa dengan magnitudo 2,2 dan 2,3.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal," jelas Hery melalui keterangan tertulis, Selasa.

Hery mengatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng, Kabupaten Wonosobo Il-Il MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," ujar Hery.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Hery.

Sebelum Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG menaikkan status dari level I (normal) menjadi II (waspada), kawasan tersebut juga sempat diguncang beberapa kali gempa.

Catatan Stasiun Geofisika Banjarnegara, terjadi lima kali gempa bumi sejak Selasa (10/1/2023) hingga Sabtu (14/1/2023).

Gempabumi pertama terjadi di 21 kilometer barat laut Wonosobo dengan magnitudo 2,5 pada Selasa pukul 03.52 WIB. Berselang sekitar setengah jam kembali dengan kekuatan magnitudo 1,5.

Kemudian pada Sabtu tercatat terjadi tiga kali gempa dengan kekuatan terbesar dengan magnitudo 3,4 pada pukul 03.46 WIB.

Diberitakan sebelumnya, PVMBG menaikkan status Gunung Dieng dari level I (normal) ke level II (waspada), sejak Jumat (13/1/2023) pukul 23.00 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/17/174146778/aktivitas-vulkanik-meningkat-dataran-tinggi-dieng-diguncang-gempa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke