Salin Artikel

Sempat Banjir, Semarang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan se-Jateng Saat Libur Nataru

SEMARANG, KOMPAS.com - Banjir yang sempat melanda Kota Semarang pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, tidak menghalangi Ibu Kota Jateng itu menjadi kota dengan kunjungan wisata terbanyak di Jateng.

Dari 1.944.184 wisatawan nusantara yang berwisata ke Jateng sepanjang 17 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, sebanyak 355.600 wisatawan mendatangi Kota Semarang.

Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Riyadi Kurniawan mengatakan, Lawangsewu menjadi destinasi wisata primadona di Semarang yang menerima 68.205 wisatawan nusantara liburan kemarin.

"Kota Semarang memang menjadi tujuan utama, karena aksesnya enak. Rumusnya satu, kalau tempat wisata deket-deket nanti ramai," ujar Riyadi kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023).

Padahal dua wisata andalan Kota Semarang, yaitu Lawangsewu dan Kota Lama sempat terdampak bencana. Namun hal itu tak mengurangi minat wisatawan atau pun memperburuk citra wisata di Semarang.

Pada (31/12/2022) terjadi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem dan angin kencang di Lawangsewu. Sementara bersamaan dengan itu Kota Lama juga sempat terendam banjir akibat hujan deras.

"Justru malah Kota Lama banjir lebih eksotik lagi, di media sosial orang pada bilang kalau banjir ternyata lebih keren. Itulah salah satu bentuk pemulihan yang dilakukan oleh masyarakat, kita dorong kaya gitu," lanjutnya.

Berikutnya yang mendapatkan kunjungan wisatawan nusantara terbanyak, yaitu kabupaten Klaten dengan jumlah wisatawan sebanyak 204.069.

"Kalau Kabupaten Banyumas ada 197.714 wisatawan nusantara. Kabupaten Wonosobo 180.255 wisatawan nusantara. Terakhir Kabupaten Magelang sebanyak 165.600 wisatawan," tandasnya.

Lebih lanjut, Disporapar Jateng menyebutkan lima kabupaten/kota dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak pada liburan kemarin. Diantaranya Kabupaten Magelang, Klaten, Solo, dan Jepara.

Magelang paling banyak dikunjungi dengan jumlah 3.083 wisman. Tiga destinasi wisata yang menjadi primadona yakni Candi Borobudur, Punthuk Setumbu, dan Bukit Rhema. Sedangkan destinasi lainnya tersebar di Magelang.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/14/150356178/sempat-banjir-semarang-paling-banyak-dikunjungi-wisatawan-se-jateng-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke