Salin Artikel

Dilaporkan Hilang 2 Hari, Nelayan ini Ditemukan Lemas di Batu Karang Pulau Tak Berpenghuni

BUTON, KOMPAS.com – Setelah dilaporkan hilang selama dua hari, Muhamad Rafli (23), seorang nelayan  Desa Boneatiro, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, ditemukan dalam keadaan lemas di bawah tebing batu karang di pulau tak berpenghuni. 

Rafli dilaporkan hilang setelah diterjang gelombang tinggi saat mencari ikan  disekitar perairan Tanjung  Kamponea, Buton, pada Selasa (10/1/2023) siang. 

“Kami mendapatkan informasi dari Bhabinkamtibmas bahwa korban telah diketemukan oleh nelayan,” kata Kepala SAR Pos Baubau, Susandi Fadly, Kamis (12/1/2022). 

Peristiwa ini bermula pada Selasa (10/1/2023),  siang, korban keluar melaut mencari ikan dengan lokasi sekitar sekitar 1 nautical mile dari Desa Boneatiro ke arah Tanjung Kamponea.

Tak lama kemudian cuaca buruk dengan angin kencang dan gelombang tinggi datang, Rafli kemudian terjatuh dari atas perahu longboatnya. 

“Longboat milik korban ditemukan oleh nelayan di sekitar Tanjung selanjutnya nelayan tersebut melaporkan kepada pihak keluarga korban,” ujar Sandi. 

Warga kemudian melakukan pencarian terhadap korban namun tak juga diketemukan. Satu regu pos SAR unit Baubau juga langsung dikerahkan mencari korban . 

Setelah dua hari hilang, Rafli ditemukan tak sengaja oleh nelayan yang sedang menjaring ikan di sekitar pulau kosong. 

Rafli ditemukan dalam keadaan lemas dan terbaring di bawah tebing batu karang. 

Nelayan menemukan korban dalam kondisi terbaring lemas sekitar 1 kilometer arah barat daya dari lokasi penemuan longboat milik Rafli. 

“Korban langsung dievakuasi menuju rumah korban dan saat ini sedang mendapatkan penanganan medis oleh petugas dari Puskesmas Barangka,” ucap Sandi.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/12/234724178/dilaporkan-hilang-2-hari-nelayan-ini-ditemukan-lemas-di-batu-karang-pulau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke