Salin Artikel

Ular Piton Sembunyi di Belakang Rumah Warga, Petugas Damkar Bantu Evakuasi

SUMBAWA, KOMPAS.com - Warga di sekitar rumah Aminollah (40), di Dusun Serbaguna, Desa Luar, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), seketika gempar, Kamis (12/1/2023). Sebab, ada ular piton sepanjang 1,5 meter bersembunyi di bawah tumpukan kayu di belakang rumah Aminollah.

Warga yang panik dan ketakutan akan bahaya gigitan ular kemudian melapor ke nomor darurat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sumbawa, Sahabuddin mengatakan, timnya turun ke lokasi dan mengevakuasi ular piton.

"Ular piton di rumah warga berhasil kami evakuasi," kata Sahabuddin.

Menurutnya, proses evakuasi sempat terkendala karena ular berada dalam tumpukan kayu yang cukup banyak.

"Saat ini ular piton sudah diamankan di Mako Damkar Alas," sebut Sahabuddin.

Sahabuddin menjelaskan, awalnya, sekitar pukul 15.45 Wita, anggota Damkar menerima laporan dari masyarakat tentang keberadaan ular piton. Selanjutnya, pukul 16.50 Wita, pasukan tiba di lokasi dan langsung melakukan tindakan evakuasi penyelamatan.

Personel yang terlibat sebanyak tiga orang. Yakni, Danru Pos Alas Damkar dan anggota satgas 2 Pos Alas. Mereka mendatangi lokasi dengan truk pemadam kebakaran. Proses evakuasi dibantu warga.

Ia mengimbau warga untuk berhati-hati dan rajin membersihkan lingkungan sekitar rumah selama musim penghujan. Sebab, hewan seperti ular bisa saja mencari habitat di dekat permukiman warga dan mengancam keselamatan penghuninya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/12/192043578/ular-piton-sembunyi-di-belakang-rumah-warga-petugas-damkar-bantu-evakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke