Salin Artikel

Soal Rencana Pembahasan Pembangunan Tol Lingkar Solo dengan Kementerian PUPR, Gibran: Aku yang Terakhir

Menurut Gibran, sebelum bertemu dengan dirinya, Ditjen Bina Marga akan bertemu dengan bupati yang wilayahnya bakal terkena dampak pembangunan jalan tol.

"Bina Marga akan berkomunikasi dengan bupati-bupati terkait. Ditunggu (saja). Aku sik terakhir (aku yang terakhir). (Rencananya) minggu-minggu ini (bertemu Bina Marga). Tunggu wae," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (9/1/2023).

Menurut Gibran rencana pembangunan jalan tol Lingkar Timur-Selatan Solo belum final. Kajian mengenai pembangunan jalan tol tersebut masih terus dilakukan.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pembangunan jalan tol dengan pembangunan jalan lingkar (ring road) sama saja untuk mengurai kemacetan.

Tetapi apakah nantinya akan dibangun jalan tol atau ring road, Gibran masih menunggu kesepakatan dari bupati sekitar yang terkena dampak.

Diketahui, rencana pembangunan jalan tol lingkar Timur-Selatan Solo melewati Klaten, Sukoharjo dan Karanganyar. Rencana itu mendapat penolakan dari ketiga bupati di wilayah tersebut.

Ketiga bupati di wilayah itu tidak setuju dengan rencana pembangunan jalan tol tersebut karena berdampak terhadap lahan pertanian atau persawahan.

Tidak hanya itu, rencana pembangunan jalan tol tersebut juga bakal mematikan perekonomian warga yang dilewati jalur tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/09/125806978/soal-rencana-pembahasan-pembangunan-tol-lingkar-solo-dengan-kementerian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke