Salin Artikel

Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Pesisir Cilacap

CILACAP, KOMPAS.com - Masyarakat di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, diminta mewaspasdai potensi gelombang tinggi.

Hal itu menyusul peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adanya potensi gelombang tinggi yang akan terjadi pada 4-11 Januari 2023.

"Gelombang tinggi, tapi bukan tsunami ya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wijonardi melalui keterangan tertulis, Selasa (3/1/2023).

Menurut Wijonardi, gelombang tinggi dapat menyebabkan abrasi pantai. Bahkan, gelombang tinggi yang kuat juga dapat sampai ke kawasan pemukiman warga.

Untuk itu, Wijonardi kembali mengimbau para pedagang tidak mendirikan warung di pesisir pantai. Para nelayan juga diimbau tidak melaut karena gelombang tinggi bisa mencapai 6 meter.

"Untuk itu kami mengimbau sebelum itu terjadi, terutama pedagang yang ada di wisata pantai untuk bisa mengamankan barang dagangnya sebelum terdampak. Nelayan juga diminta untuk tidak beraktivitas di laut," ujar Wijonardi.

Selain gelombang tinggi, kata Wijomardi, potensi cuaca ekstrem juga akan terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap, seperti angin kencang yang bisa mencapai 60 kilometer per jam.

"Oleh karena itu, pohon-pohon besar dan sudah rapuh untuk dipangkas. Atap rumah yang tidak terpasang dengan baik juga perlu diperhatikan," imbau Wijonardi.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/03/214400478/waspada-gelombang-tinggi-hingga-6-meter-di-pesisir-cilacap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke