Salin Artikel

Hujan Intensitas Tinggi, Banjir Rendam 10 Kecamatan di Pati

PATI, KOMPAS.com - Bencana banjir melanda sejumlah desa di sepuluh kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2022).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, sepuluh  kecamatan terdampak banjir yaitu Juwana, Sukolilo, Kayen,  Tambakromo, Gabus,  Pati, Margorejo, Tayu, Dukuhseti, dan Margoyoso.

Kepala Pelaksana BPBD Pati  Martinus Budi Prasetya menyampaikan banjir bertahap mulai merendam permukiman, akses jalan dan area persawahan pada dini hari sekitar pukul 01.30. 

Di antaranya tujuh desa di Kecamatan Juwana, tujuh desa di Kecamatan Gabus, dua desa di Kecamatan Jakenan, enam desa di Kecamatan Pati, tujuh desa di Kecamatan Kayen, tiga desa di Kecamatan Sukolilo dan dua desa di Kecamatan Dukuhseti. Kedalaman air yang membanjiri permukiman bervariasi hingga 60 sentimeter.

"Data wilayah lainnya menyusul. Tidak ada korban jiwa. Ratusan rumah  dan berhektar-hektar sawah terendam banjir. Kami dirikan posko bantuan dan siagakan fasilitas kesehatan," kata Budi saat dihubungi melalui ponsel, Sabtu.

Dijelaskan Budi, banjir dipicu intensitas hujan tinggi beberapa hari ini yang berujung mengakibatkan daerah aliran sungai (DAS) setempat over kapasitas.

"Sudah sekitar satu minggu hujan intensitas sedang tinggi dan cuaca yang sangat ekstrim beberapa hari ini, mengakibatkan DAS di wilayah Pati, tidak mampu menampung debit air hujan dan meluap," jelas Budi.

Budi pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada menyusul peringatan Badan  Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrem yang diprediksi melanda wilayah Jawa Tengah beberapa hari ke depan.

"Tingkatkan kewaspadaan di saat cuaca tidak bersahabat," pungkas Budi.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/31/202409678/hujan-intensitas-tinggi-banjir-rendam-10-kecamatan-di-pati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke