Salin Artikel

Pura Mangkunegaran Dipadati Wisatawan, Pengunjung Capai 1.000 Orang hingga Kekurangan "Tour Guide"

"Tiga hari terakhir ini, kita melebihi dari 1.000 pengunjung per hari. Kemudian moga-moga nanti kan ya sampai akhir tahun nanti bisa stabil seperti ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kantor Pariwasata Pura Mangkunegaran, Joko Pramedyo, Kamis (29/12/2022).

Joko mengaku kekurangan pemandu wisata atau tour guide karena banyaknya pengunjung. Dia mengatakan saat hari biasa, jumlah pengunjung kurang dari 500 orang.

Dia pun memanggil sejumlah mantan pemagang di Pura Mangkunegaran untuk memandu para wisatawan. 

"Kita menghubungi siswa-siswi yang pernah magang di sini ya untuk membantu dalam mengambil tamu untuk masuk ke Mangkunegaran," katanya.

Dia mengatakan keberadaan perpustakaan kebudayaan yang di Pura Mangkunegaran, ikut andil dalam menarik wisatawan. Selain itu hal ini juga bentuk keterbukaan Pura Mangkunegaran yang dipimpin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

"Didukung dengan adanya perpustakaan bisa sebagai bahan pendukung juga lebih terbuka. Sehingga mampu memberikan daya tarik dari wisatawan," jelasnya.

Di sisi lain, Joko mengaku dengan digelarnya pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pendopo Pura Mangkunegaran, juga ikut mendongkrak jumlah wisatawan yang datang.

Saat ini ada sejumlah paket wisata yang ditawarkan untuk pengunjung Pura Mangkunegaran. Di antaranya, Tur Wisata Pura Mangkunegaran, Demo Masak Kue Apem Khas Mangkunegaraan, Kelar Tari Gaya Mangkunegaraan, Foto Busana Adat, serta kelas perkenalkan aksara Jawa.

Paket wisawata ini berlangsung sejak 23 Desember 2022, hingga 1 Januari 2023, mendatang. Wisatawan hanya perlu datang sesuai sesi wisata yang ditawarkan serta membayar mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000, tergantung paket yang diambil.

Pantauan Kompas.com, pada Kamis (29/12/2022), terlihat antrean panjang pengunjung wisata Pura Mangkunegaran, di gerbang utama.

Mereka tampak antusias dengan paket wisata yang ditawarkan. Selain itu, mereka mengaku sengaja datang ke Pura Mangkunegaran, bersama teman, sahabat, kerabat hingga keluarga untuk belajar dan berkunjung di Puro Mangkunegaran.

"Banyak paket yang ditawarkan. Mumpung liburan, penasaran dengan Pura Mangkunegaran, datang sama teman-teman ini," kata Indah, salah satu pengunjung.

Setelah memilih paket wisata, wisatawan diarahkan oleh pemandu yang telah disiapkan untuk memulai tur di Pura Mangkunegaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/30/135048778/pura-mangkunegaran-dipadati-wisatawan-pengunjung-capai-1000-orang-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke