Salin Artikel

Masuk Masa Paceklik, Bulog Banyumas Gelontorkan Beras Murah ke Sejumlah Pasar

Penyaluran beras murah melalui program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) ini untuk mengendalikan harga di pasar. Selain itu juga memastikan ketersediaan beras pada akhir tahun hingga masa panen berikutnya.

"Ini sebagai upaya pengendalian harga," kata Pimpinan Cabang Perum Bulog Banyumas Rasiwan saat melakukan pemantauan di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (29/12/2022).

Rasiwan mengatakan, saat ini ketersediaan dan harga beras di pasaran menjadi perhatian serius Perum Bulog. Pasalnya, saat ini memasuki siklus masa paceklik.

"Kami terus berikhtiar menjaga ketersediaan beras agar masyarakat dapat mengakses beras dengan harga murah. Musim panen diperkirakan baru akan dimulai akhir Februari 2023, panen raya Maret-April," jelas Rasiwan.

"Terutama pasar-pasar yang besar, fokus kami di Kabupaten Banyumas dan Cilacap. Rata-rata 1,5 ton per hari untuk masing-masing kabupaten," ujar Rasiwan.

Beras dengan kemasan 5 kilogram tersebut dijual kepada masyarakat dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 9.450 per kilogram.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/29/134242178/masuk-masa-paceklik-bulog-banyumas-gelontorkan-beras-murah-ke-sejumlah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke