Salin Artikel

Tanggul Jebol Dihantam Gelombang, Rumah Warga di Manggarai NTT Rusak

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Gelombang pasang yang datang secara tiba-tiba mengakibatkan tanggul penahan air laut di pesisir pantai Dusun Nanganae, Desa Paralando, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), jebol, pada Senin (26/12/2022).

Bagian tanggul yang jebol diperkirakan mencapai kurang lebih 100 meter dari total panjang 255 meter. Akibatnya, banyak rumah warga rusak akibat dihantam gelombang.

Babinsa Koramil 1612-03 Reok, Koptu Bahrunsah mengatakan, ada lima rumah warga yang rusak akibat dihantam gelombang.

"Empat rusak ringan dan satunya rusak parah," kata Koptu Bahrunsah saat dihubungi, Rabu (28/12/2022) pagi.

Untuk mencegah dampak yang lebih luas, pihaknya bersama ketua RT dan masyarakat setempat bergotong royong melakukan perbaikan sementara terhadap tanggul yang rusak akibat dihantam gelombang dengan cara memasang kayu penahan dan batu.

Menurut Bahrunsah, masyarakat setempat sangat berharap pemerintah segera membantu memperbaiki tanggul yang sudah rusak itu.

"Saat ini telah memasuki musim penghujan masyarakat khawatir di musim penghujan pada bulan Januari, Februari hingga Maret tahun 2023 akan lebih besar lagi gelombang pasang," ujarnya.

Ia mengaku telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dengan cuaca ekstrem, yakni curah hujan yang sangat tinggi di sertai angin kencang dan gelombang tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai, Stefanus Tawar mengaku belum mendapatkan laporan resmi terkait bencana yang melanda warga Dusun Nanganae, Desa Paralando, Kecamatan Reok.

Namun, pihaknya akan turun ke lokasi untuk mengecek tanggul yang jebol dan kondisi warga yang terdampak gelombang tinggi tersebut.

"Laporan resmi belum, tetapi kami proaktif. Hari ini tim dari BPBD bersama Dinas PUPR turun bawa bantuan beras dan karung untuk pembuatan tanggul darurat," ujar Stefanus saat dihubungi, Rabu.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/28/103242178/tanggul-jebol-dihantam-gelombang-rumah-warga-di-manggarai-ntt-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke