Salin Artikel

Kapal Tenggelam Dihantam Gelombang Tinggi di Perairan Kotabaru, 3 Nelayan Hilang

KOTABARU, KOMPAS.com - Sebuah kapal nelayan dilaporkan tenggelam di Perairan Marabatuan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin, Al Amrad mengatakan, kapal nelayan tersebut berpenumpang 5 orang, 3 di antaranya dilaporkan hilang.

Penyebab tenggelamnya kapal nelayan dipastikan karena dihantam gelombang tinggi yang terjadi di perairan Marabatuan, Kotabaru.

"Cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang yang besar mengakibatkan kapal nelayan tersebut terbalik," ujar Al Amrad kepada wartawan, Sabtu (24/12/2022).

Adapun dua nelayan lainnya berhasil selamat setelah berenang menuju tongkang yang kandas tak jauh dari posisi tenggelamnya kapal nelayan.

"Dua orang di antaranya yaitu Arsyad (25) dan Aidil (25) berhasil selamat, dan 3 orang lainnya hanyut karena ombak besar," jelasnya.

Al Amrad menambahkan, untuk saat ini Basarnas Banjarmasin masih menyisir Perairan Marabatuan untuk mencari tiga nelayan yang dilaporkan hilang.

"Sementara untuk korban selamat langsung kita evakuasi menuju Posko SAR Gabungan yang berada di Pos Polairud di Tanjung Selayar," ungkap dia.

Perairan Kotabaru selama beberapa hari ke depan dinyatakan berbahaya untuk pelayaran kapal-kapal kecil karena cuaca buruk dan gelombang.

Syahbandar Kotabaru telah mengeluarkan peringatan kemungkinan gelombang tinggi yang bisa mencapai 3 sampai 5 meter.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/24/141236078/kapal-tenggelam-dihantam-gelombang-tinggi-di-perairan-kotabaru-3-nelayan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke