Salin Artikel

Warga Kariuw Ditolak Saat Pulang ke Desanya, Polda Maluku: Kami Mohon Warga Menahan Diri

Ribuan warga mulai dari orang tua, perempuan, hingga anak-anak, tiba di kampung halaman dengan pengawalan 600 personel gabungan TNI Polri bersenjata lengkap, Senin (19/12/2022).

Meski dikawal ratusan personel TNI-Polri, kedatangan warga Kariuw sempat ditolak oleh warga Desa Pelauw.

Aksi penolakan itu membuat situasi di Desa Kariuw gaduh dan tegang. Sejumlah warga yang menolak membuat kebisingan dengan memukul tiang listrik, warga lainnya juga membakar sejumlah rumah di Desa Kariuw.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat mengatakan, Polda Maluku meminta warga yang melakukan penolakan menahan diri.

“Kami meminta agar mereka yang melakukan aksi penolakan agar dapat menahan diri,” kata Kepala Bidang Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat kepada Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Roem mengingatkan warga Desa Pelauw agar menahan diri untuk mencegah terjadinya gesekan dan konflik yang sulit diselesaikan.

“Kami mohon warga harap menahan diri, apalagi ini tinggal beberapa hari lagi sudah memasuki Hari Natal kita harus menghargai saudara-saudara kita yang mau merayakan Natal jangan sampai kita semua yang susah sendiri,” katanya.

“Sampai hari ini kondisi sudah mulai kondusif, sudah tidak ada lagi protes, pemda Maluku tengah juga sudah lakukan pendekatan-pendekatan begitu pun aparat, dan sebentar ini kita rencanakan akan melakukan pertemuan dengan warga Pelauw yang sebelumnya melakukan aksi penolakan,” ungkapnya.

Sebelumnya, bentrok antara warga Desa Pelauw dan Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah pecah pada Rabu (28/1/2022).

Akibat bentrokan itu empat orang warga meninggal dunia, salah satunya anggota polisi.

Bentrokan juga menyebabkan 211 rumah warga terbakar, 183 rumah lainnya rusak berat. Selain itu  bangunan sekolah dasar dan puluhan kendaraan warga juga terbakar termasuk ribuan pohon cengkih milik warga ditebang.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/20/180938078/warga-kariuw-ditolak-saat-pulang-ke-desanya-polda-maluku-kami-mohon-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke