Salin Artikel

Diterjang Puting Beliung, Jaringan Listrik di Polewali Mandar Terputus dan Puluhan Rumah Rusak

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.COM – Angin puting beliung menerjang kawasan Polewali Mandar, Sulawesi Selatan pada Jumat (17/12/2022) petang selama kurang lebih 60 detik.

Kejadian ini membuat belasan rumah rusak, atap rumah berterbangan, menara masjid copot, hingga jaringan listrik terputus.

Data dari pemerintah setempat pada Jumat malam mencatat, ada 31 rumah warga dan sebuah masjid yang rusak, terutama di bagian atap dan rangka rumah. Selain itu, ada dua rumah yang ambruk rata dengan tanah.

Hasna, warga setempat mengaku melihat angin hitam berputar sebelum menghantam pemukiman warga.

“Sebelum bencana terjadi, sempat terlihat angin hitam berputar. Mulanya jauh, namun tak lama bergeser hingga menghantam rumah dan masjid hingga menaranya copot,” jelas Hasna.

Sementara itu, Abdullah yang rumahnya rusak dihantam angin puting beliung menceritakan, saat kejadian ada sura gemuruh keras hingga membuat dia dan istrinya lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Saat ditemui Kompas.com, Abdullah mengaku masih takut untuk masuk ke dalam rumah.

“Sampai sekarang masih panik dan trauma. Saya dan keluarga lari kalang kabut keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ungkap Abdullah.

Wilayah yang terdampak paling parah ada di Kelurahan Polewali dan Lantora. Dilaporkan terdapat tujuh rumah mengalami rusak parah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Warga yang panik sempat melarikan diri keluar dari rumah.

Untuk saat ini petugas Badan Penggulan Bencana Daerah (BPBD) masih terus melakukan pendataan kerusakan yang ditimbulkan akibat becana ini. Warga yang rumahnya rusak mengungsi ke rumah kerabat atau tetangga.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/17/114021378/diterjang-puting-beliung-jaringan-listrik-di-polewali-mandar-terputus-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke