Salin Artikel

Jelang Nataru, Harga Telur di Purworejo Naik Tajam

Salah satu pedagang telur di Pasar Kutoarjo Nanik mengatakan, sebelumnya telur dijual dengan harga Rp 26.000-Rp 27.000 per kilogram. Saat ini ia menjual telur dikisaran harga Rp 31.000 per kilogram.

"Kalau dulu modalnya belinya hanya Rp 20.000-Rp 21.000, sekarang sudah Rp 28,500 mas, ya kita jual sekarang Rp 31.000," kata dia saat ditemui dilapak jualannya pada Selasa (31/12/2022).

Harga telur yang melonjak tajam itu membuat pedagang seperti Nanik bingung. Hal ini lantaran naiknya harga telur membuat kiosnya sepi pembeli. 

Ia menyebut kenaikan harga komoditas tersebut terjadi selama dua pekan terakhir. Bahkan harga telur diprediksi akan terus naik menjelang Natal dan tahun baru.

"Permintaan kurang lah mas. Hanya tinggal langganan saja seperti penjual bakmi, nasi goreng dan seblak," kata dia

Ia berharap kenaikan harga telur yang tinggi ini mendapat perhatian dari pemerintah. Sebab, hanya pemerintah yang mampu mengendalikan harga telur di pasaran.

"Ya sebisa mungkin diturunkan lah gak naik banget kaya gini," harapnya.

Keluhan senada juga diungkapkan Afdal, salah satu pembeli telur di Pasar Kutoarjo. Ia menyebut kenaikan harga telur berdampak pada keuntungan yang diperolehnya sebagai penjual nasi goreng.

Sebagai penjual nasi goreng, telur merupakan komoditas terpenting dalam usahanya. Ia terpaksa membeli telur walaupun harganya sydah melambung tinggi.

"Gimana ya mas, meskipun mahal tetap kita beli karena kita kan jualan, saya beli telur untuk bikin nasi goreng," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/14/090738578/jelang-nataru-harga-telur-di-purworejo-naik-tajam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke