Salin Artikel

Lantik Pj Bupati Brebes, Ganjar Ingatkan PR Kemiskinan, Investasi, dan Industrialisasi Bawang Merah

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Urip Sihabudin sebagai Penjabat (Pj) Bupati Brebes.

Ganjar berpesan agar Urip memudahkan pelayanan investasi hingga menghidupkan pertanian bawang.

Secara tegas, Ganjar mempromosikan Brebes untuk investasi. Ia berharap, nantinya warga Brebes mampu menjadi tuan rumah tanahnya sendiri.

“Jadi kesejahteraan akan meningkat dan support dukungan dengan SDM yang bagus,” ucap Ganjar dalam sambutannya, Selasa (13/12/2022).

Hal itu disampaikan Ganjar usai acara Pengambilan Jabatan dan Pelantikan Penjabat Bupati Brebes serta Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Brebes di Aula BPSDMD Jawa Tengah.

“Momentum untuk kita meningkatkan ekonomi itu bisa didorong ke Brebes dengan mendatangkan investor. Tadi saya juga titip pesan kepada mereka, mudahkan investasi,” katanya.

Diungkapkan, pembangunan kawasan industri di Brebes sudah lama menjadi wacana. Untuk itu perlu dukungan kemudahan pelayanan oleh pemda setempat.

“Umpama basis industri yang sudah ada adalah pertanian, termasuk bawang merah. Saya kira bicara bawang merah nggak ada yang lebih hebat dari Brebes,” singgung Ganjar saat bicara potensi industri di Brebes.

Pasalnya pertanian bawang merah yang berkembang di banyak daerah di Jateng sering kali berhasil berkat warga asli Brebes. Ekspansi bawang ini, menurut Ganjar, perlu dipertahankan dan dikembangkan warga Brebes.

Lebih lanjut, Ganjar meminta Forkopimda Kabupaten Brebes mendukung Urip dan saling bahu membahu mengatasi persoalan kemiskinan dan stunting.

“Memang daerahnya sangat luas sekali, itu menjadi PR penting untuk Pj ini dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

Menyoal pesan antikorupsi, Ganjar yakin Pj Bupati tertib. Terlebih mengingat rekam jejak Urip di OPD Provinsi Jawa Tengah dan memahami kinerja Ganjar.

“Saya pesankan awas jual beli jabatan jangan terjadi, awas main-main proyek, awas penerimaan gratifikasi. Maka ini yang saya sampaikan pada dia, kan per tiga bulan dia harus lapor, nanti saya akan briefing ke sana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Urip Sihabudin sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD Provinsi Jateng.

Pria kelahiran Brebes itu juga pernah menjabat Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng dan Kepala BPSDMD Jateng.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/14/000102678/lantik-pj-bupati-brebes-ganjar-ingatkan-pr-kemiskinan-investasi-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke