Salin Artikel

Jokowi Pakai Beskap Pink dan Iriana Pakai Kebaya Kutu Baru di Prosesi Siraman Kaesang

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengikuti prosesi siraman putra bungsunya Kaesang Pangarep di kediaman Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) pagi.

Presiden Jokowi terlihat memakai beskap warna pink dan bawahan jarit batik cokelat.

Sedang Ibu Negara Iriana Jokowi memakai kebaya kutu baru motif bunga.

Prosesi siraman dihadiri keluarga inti Presiden Jokowi. Seperti Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Anwar Usman dan Idayati dan keluarga lainnya.

Selain itu para menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut hadir dalam prosesi siraman masuk di kediaman Presiden Jokowi.

Mereka diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Prosesi siraman Kaesang menggunakan tujuh sumber mata air.

Sebelumnya, perwakilan keluarga Erina Gudono, Sri Roso Sudarmo akan mengirimkan air dari tujuh sumber ke Keluarga Kaesang Pangarep untuk digunakan dalam acara siraman yang akan dilakukan besok, Jumat (9/12/2022).

Sri Roso menyampaikan dirinya menjadi perwakilan dari keluarga Ibu Sofiatun yang akan menuju keluarga besar Joko Widodo di Solo.

"Keperluan (ke Solo) mengantarkan sarana untuk melengkapi tata cara siraman, yang kan digunakan untuk siraman calon manten pria Kaesang Pangarep, putra Bapak Joko Widodo," jelas dia, Kamis (8/12/2022).

Lanjut dia, selain mengantarkan air, dia juga akan meminta potongan rambut Kaesang. Nantinya rambut Kaesang akan dijadikan satu dengan rambut rambut erina.

"Juga, meminta potongan rambut calon penganten putra yang nantinya akan ditanam di rumah ini (kediaman Erina) bersamaan dengan potongan rambut calon pengantin putri," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/09/084503678/jokowi-pakai-beskap-pink-dan-iriana-pakai-kebaya-kutu-baru-di-prosesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke