Salin Artikel

Gibran Konsultasi Budayawan Rencana Ganti Nama Jalan Diponegoro di Solo Menjadi Jalan Ngarsopuro

Putra sulung Presiden Jokowi ini mengaku rencana mengganti nama jalan tersebut tak lain adalah untuk branding pariwisata di Solo.

"Itu masih wacana loh ya. Kita melihatnya dari sisi branding pariwisata ya. Makanya baru konsultasi. Ganti nama boleh, tidak ganti nama ya tidak apa-apa sama saja," kata Gibran ditemui di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022).

Dikatakan Gibran seandainya mengganti nama Jalan Diponegoro menjadi Jalan Ngarsopuro proses administrasinya tidak lama.

Pasalnya, kata dia di sekitar kawasan tersebut terdapat toko, kelurahan dan sekolah.

"Dan misal nanti ganti nama proses administrasinya juga cepat. Soalnya yang tinggal di sana kan cuma toko-toko, kelurahan, sama sekolah," jelas dia.

Gibran menyampaikan awal mula muncul ide untuk mengganti nama Jalan Diponegoro menjadi Jalan Ngarsopuro tersebut untuk branding pariwisata.

Menurut Gibran, ide mengganti nama jalan ini bukan keinginan dirinya, tetapi ada masukan dari berbagai pihak, seperti budayawan, pegiat pariwisata, dan lain-lain.

Rencana mengganti nama Jalan Diponegoro tersebut juga sudah lama dipikirkan. Artinya, rencananya ini tidak secara tiba-tiba.

"Branding untuk pariwisata lebih dapat. Kan enggak ada toh sik neng kene dolan nang Ngarsopuro (kan tidak ada yang di sini bermain ke Ngarsopuro). Ini branding. Ini masukan juga (ganti nama)," ungkap dia.

Lebih jauh Gibran mengungkapkan, seandainya ada pemindahan nama Jalan Diponegoro dari Kawasan Ngarsopuro tersebut rencana akan dipindahkan ke jalan yang lebih besar.

Gibran menyampaikan sudah ada usulan untuk memindahkan nama Jalan Diponegoro dari Ngarsopuro ke Manahan.

"Mosok jalan Diponegoro mung sitik tok ngunu. Makanya kita carikan jalan yang lebih besar, lebih panjang. Wis ono alternatifnya juga," jelas Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/05/092552878/gibran-konsultasi-budayawan-rencana-ganti-nama-jalan-diponegoro-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke