Salin Artikel

Jelang Akhir Tahun, Gibran Kebut Pembangunan Infrastruktur di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pembangunan fisik yang dikebut pengerjaannya itu antara lain Jembatan Mojo, Koridor Ngarsopuro, dan Kebun Binatang Solo Safari tahap pertama.

Menurut Gibran untuk Jembatan Mojo akan langsung dibuka setelah selesai pembangunannya. Dia memastikan tidak ada kegiatan seremonial saat pembukaan jembatan tersebut.

"Halah langsung dilewati saja (Jembatan Mojo). Ini baru pengeringan (aspal). Tunggunen wae ya (tungguin dulu ya)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/12/2022).

Setelah Jembatan Mojo dibuka, Gibran mengatakan rute bus Batik Solo Trans (BST) yang sebelumnya dialihkan selama pengerjaan akan dikembalikan seperti semula.

"Nanti (rute BST) disesuaikan lagi. Pokok'e nanti disesuaikan lagi (pokoknya nanti disesuaikan lagi)," terang Gibran.

Kemudian, lanjut Gibran, pedagang kaki lima (PKL) night market akan dikembalikan ke Koridor Ngarsopuro. Saat ini, PKL night market masih menempati Kawasan Stadion Sriwedari.

"(Night market) segera. Ditunggu semua dulu ya," jelas putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan pantauan, pengerjaan Koridor Ngarsopuro sebagai Malioboronya Solo masih terus berlangsung. Terdapat sepasang gapura yang mengiasi Koridor Ngarsopuro maupun Koridor Gatot Subroto.

Sementara itu, Kebun Binatang Solo Safari akan dibuka kembali menerima pengunjung setelah revitalisasi tahap pertama selesai yakni pada 23 Desember 2022 atau menjelang Libur Natal.

Diketahui, revitalisasi tahap pertama Kebun Binatang Solo Safari ini meliputi pintu gerbang, lobi tiket, dan kandang. Begitu juga jembatan akses pengunjung memasuki tahap akhir pengerjaan atau finishing.

"23 Desember 2022 soft opening. Nanti apa saja yang sudah jadi Mas Wali (Gibran Rakabuming Raka) yang akan merilis," kata Direktur Kebun Binatang Solo Safari Bimo Wahyu Widodo di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2022).

Pihaknya menargetkan pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Solo Safari pada pembukaan perdana mencapai dua kali lipat dari hari biasa. Biasanya pada Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung Kebun Binatang Solo Safari 3.000-4.000 orang.

"Target pengunjung minimal dua kali lipatnya dari hari-hari biasa. Misalkan Sabtu dan Minggu 3.000 pengunjung nanti bisa 6.000 pengunjung. Kalau Minggu 4.000 bisa menjadi 8.000 pengunjung," ungkap Bimo.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/163913878/jelang-akhir-tahun-gibran-kebut-pembangunan-infrastruktur-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke