Salin Artikel

Revitalisasi Selesai April 2023, Lokananta Bakal Jadi Sentra Kreativitas dan Wisata Unggulan Solo

SOLO, KOMPAS.com - Studio rekaman pertama Indonesia Lokananta di Solo, Jawa Tengah akan menjadi sentra kreativitas dan niaga bagi para musisi, seniman, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sekaligus menjadi destinasi wisata edukatif bagi masyarakat.

Diharapkan dengan revitalisasi dapat memberikan dampak sosial, pertumbuhan ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia.

"Kementerian BUMN, ekosistem BUMN, bersama Pemkot Solo mendukung revitalisasi Lokananta untuk menjadi creative dan commercial hub bagi para musisi, seniman, dan UMKM lokal," kata Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Yadi Jaya Ruchandi di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022).

Menurut dia, PPA mendapat amanat dari Kementerian BUMN untuk merevitalisasi dan mengembangkan Lokananta yang merupakan aset milik Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

PPA berkolaborasi dengan PT Indah Karya (Persero) sebagai konsultan perencanaan, kontraktor PP Urban, arsitek Andramatin, dan M Bloc Group sebagai operator untuk bersama-sama merevitalisasi aset Lokananta.

"Lokananta adalah “Titik Nol” industri musik Indonesia, studio rekaman pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956," ungkap dia.

Dikatakan dia, sebelum memutuskan untuk melakukan revitalisasi Lokananta PPA telah melakukan studi komprehensif dan kajian kelayakan.

Pihaknya pun menargetkan bahwa revitalisasi Lokananta rampung pada April 2023 mendatang.

"Karena buat kami BUMN bukan asal renovasi atau revitalisasi, tapi memang harus didukung dengan sustainable business model," jelas Yadi.

Direktur Utama (Dirut) PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono mengatakan, mendukung transformasi Lokananta untuk kemajuan industri musik nasional.

“Sesuai dengan semangat transformasi BUMN yang sudah dijalankan dalam tiga tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, Danareksa berkomitmen mendukung revitalisasi Lokananta," ungkap dia.

Pihaknya berharap Lokananta akan menjadi salah satu destinasi wisata seni yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Solo, khususnya musisi dan UMKM lokal, serta masyarakat sekitar.

"Kami berharap dan percaya bahwa Lokananta ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan bagi Kota Solo dan sekitarnya. Dan bisa membawa manfaat para musisi dan tentunya masyarakat sekitar," ungkap Ari.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/28/101952778/revitalisasi-selesai-april-2023-lokananta-bakal-jadi-sentra-kreativitas-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke