Salin Artikel

Korban Gempa Cianjur Pasang Tulisan "Ini Bukan Wisata Bencana": Mau Donasi atau Cari "Followers"?

KOMPAS.com - Tulisan "Ini Bukan Wisata Bencana" terpasang di pinggir jalan tepatnya di Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat, pada Kamis (24/11/2022).

Warga Desa Gasol pasang tulisan itu untuk mengungkapkan kekesalannya dengan pesan yang ditulis dengan media kardus dan sebatang bambu.

Pesan tersebut menjadi sindiran bagi masyarakat yang berdatangan atau melintas di tempat kejadian bencana gempa di Cianjur.

Salah satunya Desa Gasol, banyak orang yang hanya datang untuk melihat-lihat serta mengabadikan momen dengan foto dan video.

"Sebenarnya tim kita yang pasang tulisan ini, karena kita nggak tahu ya orang yang betul-betul berdonasi atau sekedar ingin mencari nambah follower atau apa, kita nggak paham tujuannya mereka," kata salah satu relawan, Eka di lokasi, Kamis dikutip dari TribunJabar.

Warga Desa Gasol sudah berusaha berpikiran positif, namun menurutnya, justru orang yang datang kebanyakan hanya untuk berfoto ria.

"Tapi kita berusaha berpikiran positif, tapi nyatanya di lapangan banyak sekali dari warga dan relawan menyaksikan seperti apa," tambahnya.

Dia meminta masyarakat untuk memiliki rasa empati dan menahan diri untuk mendatangi lokasi bencana dengan tujuan membantu, bukan sekedar berfoto dan video.

"Makanya objek ini kita pasang mengingatkan bahwa ketika saudara kita terkena bencana, kurang elok kalau sekedar memposting, memvideokan," ujarnya.

"Coba kita punya rasa sedikit empati di hati sebagai manusia bagaimana dampak apa yang kita posting untuk keluarga korban. Tolong jangan memikirkan diri sendiri," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Ini Bukan Wisata Bencana, Mau Donasi atau Nambah Follower? Sindiran Warga Desa Gasol pada Wisatawan

https://regional.kompas.com/read/2022/11/24/192100578/korban-gempa-cianjur-pasang-tulisan-ini-bukan-wisata-bencana-mau-donasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke