Salin Artikel

Puting Beliung Terjang Desa Kaliboto Kidul di Lumajang, 7 Rumah Rusak

Sebelum angin puting beliung menghantam atau sekitar pukul 13.00 WIB, kawasan ini terlebih dahulu diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai petir yang saling menyambar.

Selang satu jam, saat hujan masih belum reda, datanglah angin puting beliung dari arah utara dan langsung menerbangkan atap rumah warga.

Nur Hasan, salah seorang warga mengaku tidak bisa berbuat apa-apa saat kejadian. Ia memilih tetap berlindung di dalam rumah lantaran kondisi di luar masih hujan petir.

"Hujan petir dan sama angin-anginnya, saya di dalam (rumah), mau keluar takut soalnya ada petir, saya lihat asbes itu sudah berterbangan," kata Nur Hasan di Lumajang.

Menurut Nur Hasan, dari total tujuh rumah yang rusak, enam di antaranya mengalami kerusakan parah. Kerusakan tersebut mulai dari teras, dapur, dinding, hingga atap.

Selain merusak rumah warga, angin kencang ini juga menyebabkan sejumlah pohon penyangga jalan tumbang. Diduga, angin berasal dari Gunung Lemongan.

Sementara itu, Petugas Pusdalops BPBD Lumajang Nur Cahyo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Meski begitu, kerugian yang dialami warga ditaksir puluhan juta rupiah.

"Hasil pendataan kami ada tujuh rumah yang terdampak dengan tingkat kerusakan ringan hingga sedang, dan ada beberapa pohon yang tumbang, untuk korban jiwa nihil, kerugian masih kita hitung tapi diperkirakan sampai puluhan juta," kata Nur Cahyo.

Petugas mengimbau, warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, dalam satu minggu kedepan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi di Lumajang. 

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/201306578/puting-beliung-terjang-desa-kaliboto-kidul-di-lumajang-7-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke