Salin Artikel

Aksi Pengeroyokan Berujung Pembacokan di Blora, 16 Orang Dibekuk, 3 Tersangka

BLORA, KOMPAS.com - Aksi segerombolan pemuda bermotor yang mengeroyok para remaja hingga mengalami luka bacok, yang terjadi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mulai menemui titik terang.

Setidaknya ada 16 pemuda yang dibekuk satuan reserse kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Blora terkait insiden yang menyebabkan dua korban harus mendapatkan jahitan di tubuhnya akibat pembacokan tersebut.

Dari 16 pemuda yang ditangkap, tiga di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka, dan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya.

Kepala Satreskrim Polres Blora, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Supriyono mengatakan para pelaku melakukan pembacokan dengan menggunakan celurit.

Selain itu, motif pengeroyokan yang berujung pembacokan diduga ada kaitannya dengan kelompok antar perguruan silat.

"Motifnya kelompok dari perguruan, mereka tidak saling kenal, hanya terpancing sama identitas ataupun lambang yang digunakan oleh korban," ucap Supriyono saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (15/11/2022).

Berdasarkan interogasi awal yang dilakukan, para pelaku sengaja melakukan pengeroyokan karena spontanitas dan tidak ada kaitannya dengan balas dendam.

Maka dari itu, agar peristiwa tersebut tidak kembali terulang, pihak kepolisian menekankan agar antar kelompok perguruan silat dapat mengendalikan diri dan memberitahukan kepada anggotanya.

"Kami dari pihak kepolisian mengimbau kepada warga masyarakat Blora secara umum maupun dari kelompok-kelompok perguruan silat di wilayah Blora agar bisa mengendalikan diri maupun anggotanya, untuk tidak mudah terprovokasi dan terpancing dengan hal-hal yang sekiranya merugikan semuanya," jelas dia.

"Karena kalau terjadi pelanggaran hukum, pasti akan kita tindak, kita tidak ada perlakuan khusus terhadap mereka, semua sama di hadapan hukum," tambah dia.

Sebelumnya diberitakan, tiga bocah berinisial BY, AD dan NS yang merupakan warga Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menjadi korban pembacokan oleh sekelompok orang tak dikenal.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari di samping kantor Koramil Blora, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Setelah terjadi peristiwa tersebut, korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blora dan kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polres Blora.

Akibat pengeroyokan tersebut, para korban mendapatkan jahitan di sejumlah luka yang mereka alami.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/15/231938778/aksi-pengeroyokan-berujung-pembacokan-di-blora-16-orang-dibekuk-3-tersangka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke