Salin Artikel

Profil Nikolaus Kondomo, Mantan Kajari Sleman yang Dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan pada Jumat (11/11/2022).

Pelantikan tersebut berbarengan dengan peresmian tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua, yakni Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Papua Pegunungan.

"Dengan ini (pemerintah) meresmikan Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan," kata Mendagri Tito, dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (11/11/2022).

Selain Nikolaus, Tito juga melantik Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah dan Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan.

Profil Nikolaus Kondomo

Dilansir dari TribunManado.co.id, Jumat (11/11/2022), Nikolaus Kondomo lahir di Merauke, 13 Maret 1964. Sebelum dilantik menjadi Pj Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus merupakan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja sama Internasional Kejaksaan Agung (Kejagung).

Penerima gelar Magister Hukum di Universitas Cenderawasih (Uncen) itu pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sleman pada tahun 2014.

Setahun sesudahnya, Nikolaus mengisi posisi Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim).

Pada tahun 2018, dia dipercaya untuk mengemban jabatan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Tengah (Sulteng), kemudian Nikolaus ditugaskan untuk menjadi Kajati Papua pada tahun 2019.

Cakupan wilayah

Papua Pegunungan yang saat ini dipimpin oleh Nikolaus Kondomo akan mencakup sejumlah kabupaten, yakni:

- Kabupaten Jayawijaya (Ibu Kota Provinsi)

- Kabupaten Lanny Jaya

- Kabupaten Mamberamo Tengah

- Kabupaten Nduga

- Kabupaten Tolikara

- Kabupaten Yahukimo

- Kabupaten Yalimo

- Kabupaten Pegunungan Bintang

https://regional.kompas.com/read/2022/11/11/144533578/profil-nikolaus-kondomo-mantan-kajari-sleman-yang-dilantik-sebagai-pj

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke