Salin Artikel

Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo: Polisi Terjunkan Ribuan Personel Keamanan Terbagi Sejumlah Titik Venue

Kepala Polresta (Kapolresta) Solo, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Iwan Saktiadi, menjelaskan pengamanan terbagi di Venue Acara, Sejumlah rute jalan, penginapan hingga lokasi wisata dan pusat oleh-oleh Kota Solo.

Pengamanan akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 18-20 November 2022 dengan menerjunkan 2.500 personel gabungan dengan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah.

"Pengamanan akan kami sinkronkan dengan pihak panitia, karena diprediksi akan ada jutawan orang akan datang, diberbagai tempat venue kegiatan ada di Manahan, Edutorium UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), serta GOR (Gedung Olah Raga) UMS," jelas Iwan Saktiadi, Rabu (9/11/2022)

Terkhusus untuk veane di Stadion Manahan, sebagai lokasi pembukaan. Iwan menjelaskan akan dilaksanakan pengamanan lebih ketat karena direncanakan adanya tamu VVIP.

"Peserta yang boleh masuk, yang diizinkan karena adanya beberapa kriteria diantaranya, lolos screening dari pemeriksaan pintu masuk. Kemudian, disesuaikan dengan protokol kepresidenan Paspampres," ujarnya.

Sedangkan untuk kawasan dalam Stadion Manahan, akan disterilkan. Sehingga, untuk area parkir dimungkinkan akan terbagi di beberapa kantong-kantong parkir yang saat ini masih dikordinasikan dengan panitia.

Sementara itu, Perwakilan Panitia Muktamar sekaligus Wakil Rektor III UMS, Ikhwan Susilo menjelaskan akan ada 18.000 ribu orang yang akan ke Stadion Manahan.

"Kemudian ditambah lagi dengan para pengurus di cabang maupun daerah maupun wilayah. Sehingga mungkin penggembira tidak bisa diakomodasi seluruhnya ke Manahan. kami siapkan di Colomadu untuk bazar dan kemudian juga tentu di beberapa titik agar mereka bisa menikmati termasuk juga nanti akan ada live streaming di YouTube, untuk menyaksikan pembukaan," katanya, saat melakukan peninjauan di Stadion Manahan, Rabu (9/11/2022).

Selain itu, peserta yang dibolehkan masuk, harus membawa surat atau undangan jika diperbolehkan masuk.

"Antisipasi pengamanan akan kami koordinasi dari Polresta maupun Kokam. Termasuk adanya beberapa titik tenda kesehatan di area Stadion Manahan," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/09/131252678/jelang-muktamar-muhammadiyah-di-solo-polisi-terjunkan-ribuan-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke