Salin Artikel

Anggaran Rp 280 Miliar untuk Proyek Pembangunan Jalan di Blora Dianggap Tak Maksimal, Ini Sebabnya

Tapi tampaknya, dengan anggaran sebesar itu proses pengerjaannya tidak semuanya berjalan maksimal.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, menyebut terdapat kontraktor yang sepertinya tidak mampu mengerjakan proyek tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Blora, Nidzamudin Al Hudda mengatakan pihaknya telah melakukan show cause meeting (SCM) terkait hal tersebut.

SCM dilakukan untuk melihat kondisi kontrak kerja yang dinilai kritis dan berpotensi waktu pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal penyelesaian pekerjaan yang telah ditetapkan.

"Kita coba trial satu minggu apakah grafiknya bisa naik, kalau enggak bisa naik kita sudah kasih surat peringatan (SP) pertama, kemudian kita SCM kedua dicoba lagi, kalau tidak bisa menyelesaikan ya kita SP 2, kalau SP2 dicoba lagi enggak bisa ya akhirnya putus kontrak," ujar Hudda saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (27/10/2022).

Dirinya juga tidak memungkiri ada proyek-proyek pekerjaan infrastruktur jalan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

"Kadang-kadang kita di lapangan, konsultan pengawas kurang teliti, kemudian ada hal-hal yang enggak sesuai kita harapkan," kata dia.

Salah satu proyek pengerjaan infrastruktur jalan yang diduga tidak sesuai spesifikasi yaitu peningkatan jalan Kamolan-Jepangrejo-Badong, yang menelan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar.

"Ada beberapa titik yang dikomplain dari masyarakat, sedangkan bupati itu kan menampung aspirasi dari masyarakat, nanti kita tindaklanjuti bersama, kemarin sudah kita komunikasikan supaya kita bekerja lebih profesional," terang dia.

Ketidakbecusan kontraktor dalam mengerjakan proyek diduga karena banyaknya paket proyek yang mereka garap. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada kemampuan keuangan mereka.

"Salah satunya memang itu, kemampuan keuangan atau cash flownya agak terganggu, jadi memperlambat pekerjaan kita, mau kita undang penyebabnya apa sih, kalau memang kita bisa membantu menyelesaikan ya kita bantu," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/28/054500378/anggaran-rp-280-miliar-untuk-proyek-pembangunan-jalan-di-blora-dianggap-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke