Salin Artikel

Mengeklaim Satu-satunya Daerah di Jateng yang Masih Menggelar Festival Dalang, Kota Semarang Pamerkan Puluhan Dalang Muda

Puluhan warga terlihat penasaran dengan acara tersebut. Terlihat yang menjadi dalang merupakan anak-anak dan remaja usia 12 hingga 18 tahun.

Sedikitnya 12 dalang muda bergantian menghibur pengunjung yang datang melihat. Dengan cerita yang mereka persiapkan, para dalang berhasil membakar suasana hingga kegiatan itu meriah.

Para dalang muda itu merupakan peserta acara Festival Dalang Kota Semarang. Kota Semarang menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang masih menggelar festival dalang.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Semarang, Arief Tri Laksono mengatakan, banyaknya dalang muda yang ikut membuktikan Kota Semarang masih mempunyai bibit dalang.

"Kota Semarang juga satu-satunya daerah di Jateng yang masih menggelar festival dalang," jelasnya saat ditemui di lokasi, Kamis (27/10/2022).

Selain acara tersebut, Pemkot Semarang juga mengadakan pagelaran wayang secara rutin. Kedapan, akan ada 15 agenda dalam sebulan yang akan diadakan oleh Pemkot Semarang.

"Jadi ini dalang-dalang muda banyak yang antusias di Kota Semarang," paparnya.

Salah satu dalang muda, Esa Wijaya (17), mengaku tertarik dengan Festival Dalang Kota Semarang. Sebelum tampil di Kota Semarang, dia mengaku sudah tampil di daerah lain.

"Ini sudah lima kali main," paparnya.

Meski demikian, dia mengaku tidak mempunyai persiapan yang matang karena waktunya berdekatan dengan ujian.

"Ini besok saya juga ujian ini. Jadi persiapannya hanya satu hari," imbuhnya.

Esa sudah menyukai duni dalang sejak kecil. Orangtuanya sering mendengarkan pertunjukan wayang melalui radio. Sejak saat itu, dia merasa penasaran.

"Akhirnya saya belajar sendiri sampai sekarang. Kebetulan ayah saya juga pemain teater," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/27/205847978/mengeklaim-satu-satunya-daerah-di-jateng-yang-masih-menggelar-festival

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke