Salin Artikel

Kota Bima Belum 'Merdeka Sinyal', Warga Terpaksa Naik Gunung demi Jaringan

Beberapa wilayah masih kesulitan mendapat jaringan. Bahkan warga sampai rela naik gunung atau turun ke perkotaan untuk bisa mengakses jaringan telekomunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bima, Mahfud menyebutkan, wilayah yang hingga saat ini masih kesulitan mengakses jaringan yakni Lingkungan Kadole, Kelurahan Oi Foo.

Kemudian Kelurahan Nitu, Lelamase, Nungga dan Ndano Nae.

"Memang ada 5 lokasi kita yang blank spot, tapi sesuai janji Menkominfo dan Telkom itu akan diselesaikan tahun 2022," kata Mahfud saat ditemui, Kamis (27/10/2022).

Mahfud mengakui, Kota Bima bukan termasuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), sehingga sulit untuk mengharap bantuan pembangunan tower jaringan dari pemerintah pusat.

Namun karena di NTB banyak event berkelas internasional seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP Mandalika di Pulau Lombok serta MXGP di Pulau Sumbawa, maka ketersediaan sinyal jaringan di daerah sekitarnya harus betul-betul maksimal.


Berdasarkan hasil komunikasi terakhir dengan pihak Bakti Kominfo dan Telkom, lanjut dia, persoalan ini dijanjikan tuntas tahun 2022.

"Kita sudah beberapa kali rapat dan mereka juga sudah turun survei lokasi. Dari Telkom ada tiga sementara Bakti Kominfo dua (tower jaringan), sekarang tinggal kita tunggu karena janjinya tahun 2022 ini tuntas," ujarnya.

Dari lima area blank spot itu, menurut dia, ada sekitar ribuan warga yang kesulitan mendapat jaringan telekomunikasi.

Bahkan, untuk bisa mengaksesnya mereka harus rela naik beberapa kilometer ke atas gunung.

Tidak hanya itu, siswa yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terpaksa turun ke wilayah perkotaan.

"Selama ini warga kalau cari sinyal harus naik ke atas gunung, ada juga yang turun ke keluarganya di kota," ungkap Mahfud.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/27/124828478/kota-bima-belum-merdeka-sinyal-warga-terpaksa-naik-gunung-demi-jaringan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke