Salin Artikel

Pengamat Politik Undip Sebut Ganjar dan PDIP Saling Sandera

SEMARANG, KOMPAS.com- Pengamat Politik Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono menyebut Gubernur Jawa Tengah yang juga kader senior PDI Perjuangan Ganjar Pranowo saling sandera dengan partai kebanggaannya.

Pasalnya, belum lama ini Ganjar menyatakan kesiapan dirinya untuk maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang saat diwawancarai sebuah stasiun televisi swasta.

Pernyataannya tersebut berujung pada teguran lisan dari pihak PDI Perjuangan kepada orang nomor satu di Jateng itu.

Ganjar diminta  berdisiplin dan bersabar menunggu keputusan ketua umum.

“Kalau saya melihat ini antara Ganjar dan PDIP ini sebetulnya saling menyandera. Jadi PDIP juga tersandera oleh Ganjar, Ganjar juga tersandera oleh PDIP,” kata Teguh kepada Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Teguh menilai sikap Ganjar ditunjukkan untuk memperoleh perhatian politik dari Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri.

“Menurut saya ini sebetulnya sebuah political warning untuk PDI P bahwa pendapat masyarajat bergerak di luar, penilaian masyarakat berkembang di luar,” tambahnya.

Bila tak berhati-hati dalam merespon hal tersebut dan salah menentukan pilihan, maka akan berimplikasi pada kemenangan PDIP di Pilpres 2024. Terlebih, PDIP telah menargetkan hattrick atau kemenangan beruntun.

Dosen Fisip Undip itu menyebut PDIP disandera oleh Ganjar lantaran banyaknya hasil survei dan jajak pendapat oleh berbagai pihak yang menunjukkan elektabilitas Ganjar yang sering kali mempimpin.

“Survei yang dilakukan banyak pihak memang Ganjar Pranowo berada dalam leading kedua, kadang ketiga, kadang satu besar itu tentu fakta yang tidak bisa ditutupi PDIP,” tegasnya.

Sementara Ganjar disebut tersandera lantaran dirinya tak memiliki darah Sukarno dan bukan bagian keluarga besar Bung Karno secara biologis.

“Tentu bagi PDI Perjuangan, Bu Mega khususnya, ini bukan sesuatu yang mudah. Jadi ini sebuah proses bagaimana PDIP dewasa dalam berpolitik,” terang Teguh.

Teguh meyakini Mega merupakan tokoh besar dalam politik Indonesia yang telah banyak makan garam sepanjang perjalan politiknya.

Meski begitu, tetap tak mudah baginya merespon opini publik, pendapat masyarakat, dan kontekstual politik yang terus berkembang.

Sehingga sikap Ganjar perlu diwaspadai PDIP untuk mempertimbangkan kemenangannya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/25/191007978/pengamat-politik-undip-sebut-ganjar-dan-pdip-saling-sandera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke