Salin Artikel

RSUD Banten Jadi Rumah Sakit Rujukan Pasien Gagal Ginjal Akut

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten menjadi rujukan bagi orangtua yang memiliki anak dengan gangguan ginjal akut.

RSUD Banten memiliki 12 tempat tidur di antaranya 6 Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan 6  di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

"RSUD Banten pada dasarnya kan melayani semua penyakit. Nah, satu di antaranya konsen seperti itu (penyakit gagal ginjal). Tentu, RSUD siap sedia melayani itu (pasien gagal ginjal)," kata Penjabat Gubenur Banten Al Muktabar kepada wartawan di Serang. Senin (24/10/2022).

Al meminta para orangtua tidak panik dan menghindari konsumsi obat sirup berbahaya yang telah dirilis Kemenkes dan BPOM.

Bila mengalami gejala, kata Al, orangtua diminta segera membawa dan mendatangi fasilitas kesehatan. Salah satunya RSUD Banten untuk mendapatkan perawatan oleh dokter.

"Kalau ada gejala yang ke arah tidak baik, segera mendatangi rumah sakit dan segera konsultasi dengan dokter," ujar Al.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan, RSUD Banten memiliki sumber daya manusia (SDM) dokter anak dan fasilitas untuk merawat anak dengan gejala gagal ginjal akut.

"RSUD Banten kita siap, ada dokter anak, ada bad PICU 6, NICU 6, total 12 tempat tidur," kata Ati.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/24/161907478/rsud-banten-jadi-rumah-sakit-rujukan-pasien-gagal-ginjal-akut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke