Salin Artikel

Banyak Warga Binaan Belum Punya KTP, Kakanwil NTT Minta Karutan Lakukan Pendataan

Hal tersebut disampaikan Marciana saat mengunjungi Rutan Kelas IIB Maumere, Kabupaten Sikka, Sabtu (22/10/2022).

Menurutnya, kepemilikan KTP tak hanya penting sebagai identitas diri, tetapi mempermudah mendapat pelayanan kesehatan maupun lainnya.

"Tadi saya cek di sini (Rutan Maumere) ada lima warga binaan yang belum memiliki KTP. Nah, kalau seperti ini pasti akan mempersulit semua urusan, misalnya untuk urus BPJS kan harus punya KTP," ujar Marciana.

Marciana meminta Karutan Kelas IIB Maumere Antonius Semuki dan seluruh Karutan di NTT segera mendata semua tahanan maupun narapidana.

"Jangan biarkan mereka tinggal tanpa mengantongi identitas. Apalagi kalau mereka sudah bebas, masa tidak punya KTP," katanya.

Marciana menambahkan, meski ada hal yang bisa diurus menggunakan surat keterangan (suket) Karutan, tetapi KTP adalah bentuk tanggung jawab pemerintah dalam upaya pemenuhan hak warga binaan sebagai warga negara Indonesia.

"Karena itu sekali lagi saya minta agar semua Karutan harus data. Jangan biarkan satu warga binaan yang terlewatkan," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/24/073013378/banyak-warga-binaan-belum-punya-ktp-kakanwil-ntt-minta-karutan-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke