Salin Artikel

Rp 4 Miliar Dana Pensiun Diduga Digelapkan Koperasi, 180 Pensiunan Guru di Lampung Mengadu ke Polisi

Kuasa hukum para pensiunan guru itu, Putri Maya Rumanti mengatakan, pengaduan yang dilayangkan ke Mapolda Lampung adalah pasal penggelapan hingga tindak pidana pencucian uang dari Koperasi Betik Gawi.

“Yang kita adukan tadi Pasal 378 KUHP tentang penggelapan, Pasal 372 tentang TPPU dan UU Koperasi,” kata Putri saat dihubungi, Selasa (18/10/2022).

Putri mengatakan, kedatangannya bersama sejumlah pensiunan guru itu adalah pengaduan dan langsung ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian, sehingga tidak ada nomor laporan.

Menurut Putri, koperasi yang berada di Jalan Wolter Monginsidi, Kota Bandar Lampung itu adalah koperasi guru yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung.

Asisten Hotman Paris Hutapea di Lampung ini menambahkan, hingga saat ini tercatat pensiunan guru yang menjadi korban mencapai 180 orang.

“Nilai uang yang mengendap dan tidak tahu kemana itu mencapai Rp4 miliar sejak tahun 2020 sampai tahun 2022,” kata Putri.

Putri menceritakan, salah satu guru yang meminta pendampingan hukum yakni Rina, pensiunan guru SDN 3 Gedong Air yang gajinya perbulan dipotong hingga Rp175.000.

Rincian pemotongan gaji itu adalah Rp25.000 simpanan pinjaman, Rp50.000 simpanan haji dan Rp100.000 simpanan pensiun.

“Total uang Ibu Rina mencapai Rp23 juta, tetapi saat pensiun, uangnya tidak ada,” kata Putri.


Lebih lanjut Putri mengatakan, pihaknya meminta kepolisian menganalisa aliran dana di koperasi itu.

Lantaran, saat para pensiunan hendak mengambil hak mereka, pihak koperasi mengatakan tidak ada dananya.

“Berarti ada kejanggalan dalam pengaturan keuangannya,” kata Putri.

Terkait pengaduan ini, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) III Jatanras Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Lampung Komisaris Polisi (Kompol) Rosef Efendi mengatakan, sudah menerima pengaduan tersebut.

“Iya, tadi kita sudah terima pengaduan dari para pensiunan guru yang didampingi kuasa hukum mereka. Pengaduan tadi tentang penggelapan,” kata Rosef.

Rosef menambahkan, aduan itu akan segera ditindaklanjuti dengan jadwal pemeriksaan para korban terlebih dahulu.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/18/181219678/rp-4-miliar-dana-pensiun-diduga-digelapkan-koperasi-180-pensiunan-guru-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke