Salin Artikel

8 Bupati dan Wali Kota Se-Banten Diminta Simpan RKUD di Bank Banten

SERANG, KOMPAS.com - Direktur Utama Bank Banten Agus Syabaruddin meminta Bupati dan Wali Kota untuk memindahkaan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Bank Banten. Sebab,  Bank Banten saat ini sudah semakin kuat dan sehat.

"Sangat berharap sekali dukungan dari bupati dan wali kota se-Banten untuk bisa menempatkan RKUD nya di Bank Banten. Karena Bank Banten lebih  bagus, lebih sehat," kata Agus dihadapan para kepala daerah se Banten di Serang. Senin (17/10/2022).

Dikatakan Agus, berdasarkan analisa bahwa ada aliran modal keluar dari Provinsi Banten sekitar Rp 1,2 triliun saat ini karena Kabupaten/Kota tidak menempatkan RKUD di Bank Banten.

Padahal, lanjut Agus, modal tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan pembangunan di wilayah Provinsi Banten bukan di Provinsi lain.

"Kami menyampaikan ada analisa, kalau RKUD Kabupaten dan Kota tidak ke Bank Banten sebagi banknya milik pemerintah daerah Banten itu ada sekitar Rp1,2 triliun capital outflow dari Banten keluar Provinsi Banten. Sangat disayangkan," ujar Agus.

"Makannya saya sangat berharap sekali bapak dan ibu Bupati dan Wali Kota untuk bisa segera menempatkan RKUD nya di Bank Banten," tambah Agus.

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, semua pihak termasuk Kabupaten/Kota untuk bersama-sama menjadikan Bank Banten tulang punggung perekonomian dan pembangunan di wilayahnya.

"Karena sejatinya, dengan kita ikut serta membesarkan Bank Banten, berarti juga kita ikut mendorong pembangunan di Provinsi Banten secara luas,” kata Al Muktabar.

Menanggapi permohonan Dirut Bank Banten, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mewakili para kepala daerah se-Banten mengatakan, pada dasarnya Kabupaten/Kota akan mendukungan Bank Banten.

Bentuk dukungan itu dengan menempatkan alokasi bantuan keuangan ke Kabupaten/Kota untuk jadi modal di Bank Banten.

"Maka dari itu solusi yang kita tawarkan adalah pemerintah provinsi Banten kan setiap tahun memberikan bantuan keuangan kepada pemerintah daerah kabupaten kota, yang ini mungkin nanti alokasi sebagian itu untuk memperkuat Bank Banten," ujar Iti.

Sehingga, kata Iti, Bank bjb akan tetap dijadikan RKUD sedangkan Bank Banten akan dijadikan RKUD khusus anggaran bantuan keuangan dari Pemprov Banten.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/18/063742378/8-bupati-dan-wali-kota-se-banten-diminta-simpan-rkud-di-bank-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke