Salin Artikel

Warga Hindu di Jatim Diharapkan Jadi Ikon Kerukunan Umat Beragama

KOMPAS.com - Umat Hindu di Jawa Timur diharapkan menjadi ikon kerukunan umat beragama agar tercipta keharmonisan di masyarakat.

Hal itu disampaikan Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija kepada Kompas.com dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Duija mengatakan, harapan itu juga disampaikan saat pihaknya menghadiri simakrama (dialog) Ditjen Bimas Hindu dengan pimpinan lembaga keagamaan Hindu Jawa Timur di gedung STAH Shantika Dharma, Malang, pada 13 Oktober 2022.

Ia berharap umat Hindu Jatim menjadi ikon kerukunan umat, sekaligus mengapresiasi kondisi umat Hindu, khususnya Jatim yang guyub dan rukun.

"Umat Hindu di Jatim diharapkan jadi ikon kerukunan umat beragama," ujar Duija.

Selain itu, Duija juga menilai bahwa lembaga keagamaan Hindu memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian umat melalui pemanfaatan pura.

"Pura bukan hanya sebagai tempat persembahyangan tapi juga bisa dimaksimalkan dengan kegiatan ekonomi kreatif (wisata religi, UMKM dan Pura Ramah Anak)," tutur Duija.

Ia mengatakan, melalui simakrama ini diharapkan pembimas Jawa Timur, PHDI dan lembaga keagamaan Hindu Jawa Timur senantiasa tetap sinergis. Mereka mendapatkan perhatian khusus dari Ditjen Bimas Hindu dalam pengambilan kebijakan pembangunan umat Hindu Jatim dalam wujud penguatan kemandirian umat.

"Komitmen Ditjen Bimas Hindu untuk senantiasa turun ke kantong-kantong umat mendengar masukan-masukan guna dijadikan landasaan dalam pengambilan kebijakan untuk kemajuan umat Hindu Nusantara," kata Duija.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Shantika Dharma Malang Dr Ketut Sudiarta menilai, momen simakrama adalah kesempatan dalam menyampaikan masukan-masukan dari lembaga kepada Ditjen Bimas Hindu untuk menyuarakan aspirasi dalam memajukan umat Hindu Jatim.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/17/212558978/warga-hindu-di-jatim-diharapkan-jadi-ikon-kerukunan-umat-beragama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke