Salin Artikel

BKSDA Maluku Gagalkan Penyelundupan 10 Ekor Burung Kakatua

Burung-burung yang dilindungi itu diselundupkan dari dermaga Waipirit di Kabupaten Seram Bagian Barat menuju dermaga Hunimua, Pulau Ambon dengan menggunakan kapal Feri Sardinela.

Ke 10 kakatua tersebut diangkut dengan sebuah mobil pikap bernomor polisi DE 8635 AG yang dikemudikan oleh seorang warga Seram Utara, Maluku Tengah bernama Aditya Hari Widhiyanto.

Saat diselundupkan, 10 ekor burung kakatua itu dimasukan ke pipa paralon yang telah diberi lubang untuk sirkulasi udara.

Petugas Polhut BKSDA Maluku, Seto mengatakan sepuluh ekor burung Kakatua Maluku itu berhasil diamankan setelah mobil pikap yang digunakan untuk menyelundupkan satwa yang dilindungi itu turun dari kapal feri di dermaga Hunimua pada Selasa (4/10/2022).

“Sepuluh ekor burung Kakatua Maluku itu kita amankan di dermaga Hunimua dari sebuah mobil pikap saat turun dari atas kapal feri Sardinela selapa pecan kemarin,” kata Seto kepada Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Untuk mengelabui petugas, sang sopir sengaja menaruh 10 paralon berisi burung kakatua itu di samping boks ikan kemudian ditutup lagi dengan terpal.

“Burung tersebut di bawa dari desa Pasahari, burugnya dititip oleh seseorang untuk dibawa ke Ambon melalui mobil pikap itu dan pada saat tiba di Ambon nanti akan ada yang jemput, tapi saat dihubungi nomor penjemput sudah tidak aktif mungkin karena sudah tahu,” katanya.

Setelah diamankan,10 ekor satwa endemik Maluku itu langsung dibawa ke tempat rehabilitasi di kantor BKSDA Maluku untuk selanjutnya dilepasliarkan ke habitatnya.

Ia menduga ada sindikat penyelundupan burung Kakatua Maluku, sebab beberapa waktu lalu pihak BKSDA Sulawesi Selatan juga berhasil mengamankan burung Kakatua Maluku yang diselundupkan dengan cara yang sama.

“Kami menduga ini ada sindikat karena beberapa hari lalu BKSDA Sulawesi Selatan juga mengamankan burung Kakatua Maluku yang dimasukan ke dalam pipa paralon yang sama, jadi modusnya sama ada kemungkinan akan diselundupkan ke Makassar,,” katanya.

Terkait penemuan itu, Seto mengaku pihaknya akan lebih meningkatkan pengawasan terhadap upaya penyelundupan satwa yang dilindungi di wilayah Maluku.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/10/121757578/bksda-maluku-gagalkan-penyelundupan-10-ekor-burung-kakatua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke