Salin Artikel

Kapolda Riau Jelang Operasi Zebra: Jangan Memaki, Memukul, dan Pungli

Operasi Zebra berlangsung 3-16 Oktober 2022.

Di Provinsi Riau, Personel gabungan yang dikerahkan sebanyak 850, yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polisi Militer, dan Jasa Raharja.

Selama operasi, Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal meminta seluruh personel yang terlibat untuk mengedepankan tugas mengedukasi masyarakat.

Kemudian, petugas harus melakukan tindakan persuasif, humanis dan melakukan penegakan hukum bagi pelanggaran.

"Tujuan operasi tahun ini ingin menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalulintas dan fatalitas serta meningkatnya disiplin berlalulintas," kata Iqbal kepada wartawan usai memimpin apel gelar pasukan.

Ia meminta kepada seluruh personel menindak pengendara yang tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman.

Selain itu, menindak pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara, pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang dan pengendara di bawah umur.

"Saya juga meminta petugas menindak pengendara yang melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan melawan arus. Rekan-rekan di lapangan juga saya perintahkan dapat menindak pelanggaran-pelanggaran yang kasat mata lainnya," ujar Iqbal.


Di samping itu, Iqbal berpesan, jangan sampai ada personel yang melanggar kewenangannya.

"Jangan sampai ada personel yang yang melanggar kewenangannya, seperti pungli, memaki, atau memukul. Personel pendekatannya harus persuasif, edukatif dan sangat humanis," tegas Iqbal.

Selain mencegah dan menindak pelanggar lalulintas, Iqbal juga meminta petugas melakukan pencegahan terhadap pelaku kriminal dengan cara patroli di kawasan rawan.

Bahkan, Iqbal memerintahkan para pejabat seperti Kapolres, kepala satuan dan lainnya harus turun ke lapangan.

"Semuanya harus turun. Saya juga nanti akan turun memantau kegiatan di lapangan. Kita harus bersama-sama mencegah pelanggaran dan kecelakaan lalulintas. Kemudian, kepada masyarakat saya mengimbau agar berkendara dengan baik dan jangan melanggar aturan lalulintas," pungkas Iqbal.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/03/105520278/kapolda-riau-jelang-operasi-zebra-jangan-memaki-memukul-dan-pungli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke