Salin Artikel

Ratusan Rumah hingga Fasilitas Umum di Tegal Rusak Diterjang Angin Kencang

Hingga Rabu (14/9/2022) siang, warga dan relawan masih bergotong royong memperbaiki rumah yang sebagian besar rusak di bagian atap.

Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto mengatakan, kerusakan terjadi di Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, dan Desa Penyalahan, Kecamatan Jatinegara.

"Dari hasil asesmen, ada rumah warga dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan. Sedangkan korban jiwa tidak ada," kata Sunarto kepada wartawan, Rabu (13/9/2022).

Sunarto merinci, di Desa Pagerbarang ada 147 rumah mengalami kerusakan ringan, dan 8 rusak. Sementara fasilitas umum yang mengalami kerusakan yakni mini market, SDN 1 Pagerbarang, SMA N 1 Pagerbarang dan pasar.

Sementara di Desa Penyalahan dilaporkan ada 5 rumah rusak berat, dan 2 rusak sedang.

"Terkait itu, hari ini kita menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak angin kencang itu," kata Sunarto.

Kapolsek Pagerbarang, AKP Novely Haryanto, mengungkapkan, intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang mengakibatkan puluhan pohon tumbang serta genting rumah berterbangan.

“Ada angin kencang berasal dari arah Timur ke Barat yang berlangsung selama 5 menit hingga menyebabkan beberapa bangunan mengalami kerusakan ringan hingga berat,” kata Novely.

Usai hujan reda, lanjut Novely, pihaknya melakukan patroli di beberapa tempat dan mendapati rumah warga, bangunan pasar, dan minimarket mengalami kerusakan.

Meski begitu, tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material ditaksir mencapai Rp300 juta.

Hingga saat ini, lanjut ia, para personel telah melakukan evakuasi dan membantu warga terdampak bencana angin puting beliung. 

Relawan BPBD Kabupaten Tegal Kurdianto menambahkan, saat ini BPBD bersama PMI dan Tagana masih terus melakukan pendataan kerusakan dampak dari angin puting beliung tersebut.

“Tidak hanya warung dan rumah warga, angin puting beliung juga merusak sejumlah bangunan ruko dan pasar desa,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/14/231247278/ratusan-rumah-hingga-fasilitas-umum-di-tegal-rusak-diterjang-angin-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke