Salin Artikel

Video Viral Pria Berbaju Polisi Injak Bendera Merah Putih, Kapolda Maluku: Usut Sampai Tuntas

Dalam video itu, tampak bendera merah putih dijadikan keset atau lap kaki.

Bendera itu ditaruh tepat di depan pintu masuk sebuah ruangan, kemudian pria yang belum diketahui identitasnya itu masuk sambil menginjak bendera tersebut.

Sejumlah remaja terlihat merekam aksi pria yang menginjak bendera Merah Putih itu.

“Membuat bendera merah putih yang diperjuangkan para pahlawan menjadi lap kaki terjadi di Polsek Watubela Kesui,” kata salah seorang perekam dalam video tersebut.

Setelah ditelusuri, kejadian itu ternyata terjadi di Kantor Polisi Sub Sektor Watubela Kesui, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.

“Itu kejadiannya di kantor Polsubsektor Watubela Kesui,” kata Kasubag Humas Polres Seram bagian Timur Brpika Swandi Soobo kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Selasa malam.

Terkait detail kejadian dan kapan insiden itu terjadi, Swandi mengaku pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Nah ini yang sementara diselidiki kapan kejadiannya,” katanya.


Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif meminta Kapolres Seram Bagian Timur segera mengusut tuntas kasus tersebut. Lotharia juga meminta bawahnnya mengungkap identitas pelaku.

“Saya sudah perintahkan Kapolres SBT untuk mengusutnya sampai tuntas. Jika terbukti benar, tentu akan diberikan sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku," kata Lotharia, Selasa.

Latif sangat menyangkan kejadian itu bisa terjadi di depan rumah dinas Subsektor Kesui.

“Saya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Makanya saya perintahkan untuk usut motifnya dan siapa pelakunya," tegas Kapolda.

Untuk mengungkap motif dan pelakunya, Kapolda telah memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan kepada semua pihak. Termasuk meminta keterangan dari yang mengambil video tersebut.

“Siapa pun yang melakukan hal itu akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/13/211629078/video-viral-pria-berbaju-polisi-injak-bendera-merah-putih-kapolda-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke