Salin Artikel

Panitia Turnamen Golf yang Hadirkan Biduan Seksi di Pekanbaru Dihukum Adat, Potong 1 Ekor Kerbau

PEKANBARU, KOMPAS.com - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau memberikan sanksi adat kepada panitia acara Turnamen Golf dalam rangka HUT ke-65 Provinsi Riau.

Pasalnya, panitia pada acara itu menghadirkan biduan seksi hingga berjoget erotis di atas meja di Hotel Labersa Pekanbaru.

Sejumlah pria juga menyawer biduan itu dengan duit hingga viral di media sosial.

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Datuk Seri Raja Marjohan menyampaikan, hukuman yang diberikan kepada Pengurus Persatuan Golf Indonesia (PGI) Riau, adalah satu ekor kerbau.

"Menjatuhkan sanksi adat berupa kenduri adat dengan menyembelih satu ekor kerbau," ucap Marjohan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Marjohan menyatakan, sanksi tegas yang diberikan karena panitia telah melanggar norma adat Melayu.

Sanksi diberikan agar kejadian itu tidak terulang lagi di Bumi Lancang Kuning.

"Kami berharap supaya kejadian seperti ini jangan terulang lagi. Ini berkaitan adat, dan lembaga adat ya kita sanksi secara adat dan mereka (Pengurus PGI Riau) siap," ujar Marjohan.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan sanksi adat, dilakukan oleh panitia khusus yang telah dibentuk.

Rencananya, kenduri pemotongan kerbau akan dilaksanakan Jumat (2/9/2022), yang akan menghadirkan tokoh adat Melayu.

Sementara itu, Ketua PGI Riau, Chairul Istiqmal mengaku siap menerima sanksi dari LAM Riau.

"Siap kita. Nanti LAM yang menentukan kita diberi sanksi itu, ya kita ikuti," kata Ikmal kepada wartawan, Senin.

Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial video memperlihatkan seorang biduan berpakaian seksi menyanyi di atas meja.

Biduan berpakaian tak layak pandang itu menyanyi pada acara Tournament Golf dalam rangka HUT ke-65 Provinsi Riau di Hotel Labersa Pekanbaru, Minggu (21/8/2022) sore.

Dalam video berdurasi 30 detik yang dilihat Kompas.com di akun Instagram @viralpekanbaru, Senin (22/8/2022), tampak wanita seksi itu menyanyi lagu dangdut dan berjoget di atas meja menghibur kaum bapak-bapak.

Seorang pria berbaju putih tampak mendekati dan memberikan uang sawer kepada si biduan. Ada juga bapak-bapak yang ikut berjoget ria.

Dia dalam ruangan acara itu, terlihat spanduk bertuliskan "Bersempena HUT Riau, Golf Tournamen Gubernur Riau CUP XXX,", dan terpampang foto Gubernur Riau, Syamsuar.

Acara Golf Tournamen itu merupakan rangkaian acara HUT Pemprov Riau yang digelar sejak awal Agustus. Di mana pada 9 Agustus kemarin Riau genap berusia 65 tahun.

Husni Thamrin selaku koordinator acara turnamen golf menegaskan bahwa wanita seksi yang menyanyi di atas meja itu di luar agenda panitia.

"Itu terjadi setelah acara resmi pembagian hadiah, pengumuman pemenang (lomba golf). Acara resminya sudah ditutup, sehingga tinggal acara hanya hiburan," akui Husni kepada wartawan saat konferensi pers, Senin.

Menurutnya, aksi wanita di atas meja itu terjadi secara spontanitas dan di luar jangkauan panitia.

"Ini ulah daripada teman-teman (pemain) golf, maklumlah mungkin kalah di lapangan, tidak bisa dapat hadiah, jadi mau happy. Kalau kita panitia sedang sibuk kegiatan lain," ujar Husni.

Atas nama panitia dan Persatuan Golf Indonesia (PGI) Riau, lanjut dia, meminta maaf, terutama kepada Gubernur Riau.

"Karena kegiatan ini memang dalam rangka HUT Riau, jadi kami minta maaf kepada bapak Gubernur Riau. Kami juga minta maaf kepada masyarakat Riau," kata Husni.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/29/172126778/panitia-turnamen-golf-yang-hadirkan-biduan-seksi-di-pekanbaru-dihukum-adat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke